Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Perayaan Hari Ibu ke 93 di Tanbu Berlangsung Meriah, Zairullah Terkesan Upaya Perjuangan Wanita

Rabu, 22 Desember 2021 21:34
IMG-20211221-WA0045
BANNER-ARCHIVE

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Momen perayaan hari ibu ke 93 di Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan Tahun 2021 berlangsung begitu meriah. Kegiatan ini, diramaikan puluhan peserta lomba menghias sayuran dan buah-buahan di halaman Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Simpangempat, Selasa (21/12/2021).

Berbagai macam rangkaian suguhan unik, dilihat langsung Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar didampingi Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, Ketua TP PKK Hj Wahyu Windarti, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj. Masnah Mashude, Komandan Kodim 1022/TNB, Letkol Cpn Rahmat Trianto, Organisasi wanita, serta pejabat teras di lingkup Pemkab setempat.

selain menggelar lomba rangkaian suguhan unik dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Momen perayaan 2021 ini, juga dirangkai dengan lomba fashion show diikuti sejumlah pejabat SKPD maupun Forkopimda.

Zairullah Azhar saat berkeliling di tiap stan mengaku begitu sangat terkesan dengan upaya yang dilakukan peserta dari organisasi wanita tersebut.

“Alhamdulillah pada 2021 ini kita dapat memperingati kembali Hari Ibu yang ke-93. Hari ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember merupakan bentuk pengakuan serta penghargaan atas perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa,” ucapnya.

Menurutnya, tanggal ini dipilih untuk menghormati Kongres Perempuan I di Yogyakarta pada 1928, yang merupakan awal bangkitnya gerakan perempuan Indonesia.

“Maka dari itu, peringatan Hari Ibu di Indonesia bukanlah Mother’s Day, melainkan momentum untuk mendorong perempuan Indonesia, menjadi perempuan yang berdaya dan setara kedudukannya,” tuturnya.

Bupati pertama Tanbu ini, memaparkan apabila melihat sejarah, perjuangan para perempuan bukanlah hal mudah. Namun, perempuan Indonesia dengan gagah berani menembus batas-batas sosial, bersuara untuk memperjuangkan hak kaumnya, dan bersama dengan kamu laki-laki, meraih kemerdekaan.

“Pada akhirnya, konsitusi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, menjamin kesetaraan bagi seluruh rakyat Indonesia termasuk perempuan,” ujarnya.

Dikatakan, hingga saat ini telah banyak kemajuan dirasakan oleh perempuan. Tapi, kesetaraan ideal di cita-citakan belum sepenuhnya tercapai.

“Budaya patriarki yang telah mengakar selama berabad-abad masih tersisa dalam kehidupan bermasyarakat. Perempuan masih menghadapi berbagai permasalahan yang mengancam kualitas hidupnya,” bebernya.

Hal ini, kata mantan Anggota DPR- RI dua periode diperparah dengan adanya pandemi Covid-19, yang meningkatkan kerentanan ekonomi perempuan. Ketidaksetaraan gender, yang akan mengancam upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Kendati demikian, di tengah terpaan apapun, ia menilai perempuan Indonesia merupakan srikandi kuat, yang mampu melampaui berbagai tantangan yang melingkupi mereka. Begitu pula di masa yang sulit ini, perempuan-perempuan Indonesia turut hadir di garda terdepan.

“Di tengah perjuangan menuju pemberdayaan perempuan yang membawa beragam tantangan, rintangan, dan hambatan, ada satu hal yang tidak berubah, yakni perempuan Indonesia tetaplah tangguh, kuat, dan berani dalam menjadi penopang hidup kaumnya. Menjadi sebaik-baiknya Ibu Bangsa,” ucapnya.

Seban itu, melalui peringatan Hari Ibu ke-93 pada 2021 ini, HM Zairullah Azhar berharap kedepannya dapat merayakan berbagai kemajuan yang berhasil diraih oleh perempuan, sekaligus mengingat bahwa perjuangan masih panjang, dan harus terus dilanjutkan.

“Dengan jumlah perempuan mengisi hampir setengah dari populasi Indonesia, kemajuan perempuan tentunya akan menjadi kemajuan bangsa. Sehingga, perjuangan mencapainya menjadi kewajiban semua pihak pula. Maka kita semua, baik perempuan maupun laki-laki, harus mendorong peran perempuan dalam segala bentuk sektor pembangunan,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, pria pernah menyandang prestasi sebagai dokter teladan Kalsel ini, mengucapkan selamat Hari Ibu, untuk perempuan Indonesia. “Perempuan Berdaya, Anak Terlindungi, Indonesia Maju,” imbuhnya. (ril/hms)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Purna Paskibraka Indonesia Kotabaru, Gelar Rapat Persiapan Lomba PBB

PPI Kotabaru Gelar Rapat Persiapan Lomba PPB METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Purna paskibraka Indonesia (PPI) kabupaten…


Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok, Punya Pemimpin Baru

Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok ke VIII METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Orari lokal kabupaten Kotabaru melaksanakan…


Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa  METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…