METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), mulai lakukan penilaian Lomba Desa Kelurahan tingkat Kabupaten.
Hal ini Sesuai Permendagri No 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi perkembangan desa kelurahan, dengan tujuan untuk mengevaluasi Desa Kelurahan dalam hal pelayanan masyarakat, peningkatan ekonomi masyarakat maupun pembangunan dengan indikator penilaian prodeskel, Epdeskel, inovasi dan E-Governance.
Kepala Dinas PMD Samsir, pimpin langsung tim penilaian Lomba desa Kelurahan dengan turun ke desa yang dinilai.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Penilaian perdana lomba desa ini dilaksanakan di 2 Kecamatan pada Rabu (10/5/2023), yang mana sebelumnya ada 12 Desa dan 12 Kecamatan telah di verifikasi oleh Tim Penilai Lomba desa/kelurahan Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.
” Hasil Verifikasi, ada 3 desa yang masuk nominasi 3 besar yaitu Desa Wonorejo Kecamatan Satui, Desa Purwodadi Kecamatan Angsana dan Desa Mangkalapi kecamatan Teluk Kepayang,” sebut Samsir.
Sedangkan untuk Kelurahan ada 3,yaitu Kelurahan Kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin dan Kelurahan Tungkaran Pangeran Kecamatan Simpang Empat.
” Penilaian tahun ini, Kami membuat inovasi bagi yang juara lomba desa tahun ini, nanti akan memperoleh reward atau penghargaan berupa pagu Alokasi Dana Desanya dinaikkan karena berprestasi,” katanya.
Samsir juga menyampaikan, agar kepala desa dan camat dapat mengevaluasi penggunaan dana operasional satu desa satu masjid, apakah sudah sesuai atau belum.
Selain itu, juga disingging anak yatim yang ingin bersekolah untuk mendapatkan pendidikan Umum dan Agama. Sebab, saat ini masih menerima anak yatim tinggal di istana Anak Yatim mereka disekolahkan sampai ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Bagi yang berminat bisa langsung hubungi kepala desa setempat.
Adapun tim penilai lomba desa/kelurahan terdiri dari Dinas PMD, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Damkar, Bagian Tapem, Diskominfo, TP PKK Kabupaten. (hdy)