Kamis, 29 September 2022
png_20220108_192606_0000

Mabes Polri Segera Bentuk Polres dan Polsek di IKN dan 2023 Operasional

Minggu, 19 Juni 2022 23:14
IKN
BANNER-ARCHIVE

Jakarta – Berproses, Mabes Polri akan mulai membentuk jajaran kepolisian di tingkat kepolisian resor (polres) dan kepolisian sektor (polsek) di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara pada 2023, di Kalimantan Timur.

Dikutip dari CNN Indonesia, Kadiv Humas Polri Dedi Prasetyo mengatakan hal itu dilakukan untuk mempersiapkan proses perpindahan Mabes Polri ke IKN Nusantara yang ditargetkan pada 2024 mendatang.

“Tahun depan (dibentuk), kan sudah harus dipersiapkan karena pada 2024 diharapkan secara bertahap kita sudah mulai berkantor di IKN,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (19/6).

Dedi menjelaskan saat ini pihaknya masih terus mengkaji terkait kebutuhan pembentukan polres-polsek di IKN tersebut, termasuk soal jumlah personel hingga sarana dan prasarana yang akan ditempatkan di IKN Nusantara mulai tahun depan.

“Untuk konsep pembentukan Polres-Polsek khusus IKN ini sedang diajukan,” jelasnya dikutip di CNN Indonesia.

Selain pembentukan polres dan polsek, kata dia, Polri juga tengah mempersiapkan penempatan satuan organisasi Brigade Mobil (Brimob) di IKN.

Nantinya, satuan Brimob di wilayah IKN itu akan dipimpin oleh seorang perwira tinggi (Pati) dengan pangkat Brigadir Jenderal.

“Dalam rangka untuk mengamankan penguatan IKN agar IKN betul-betul sesuai dengan timeline yang sudah ditetapkan pemerintah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini wilayah IKN masih dalam yurisdiksi atau kewenangan Polsek Semoi dan Sepaku di bawah Polres Penajam Paser Utara.

Selain polisi, saat ini juga sudah aktif berpatroli satu regu berkekuatan 12 personel TNI dari Kodam VI Mulawarman di wilayah IKN.

Pangdam VI Mulawarman Mayjen Teguh Rumekso mengatakan jumlah personel bisa ditingkatkan hingga satu peleton sesuai dengan kebutuhan. (*)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Jhonlin Group Umrohkan 870 Warga Tanah Bumbu

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Jhonlin Group memberangkatkan 870 warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, untuk laksanakan ibadah…


Warga Binaan Lapas Kotabaru Yang Buta Huruf, Diajari Membaca dan Berhitung

Sebanyak 30 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Ikut Belajar Mandiri Mengenal Haruf dan…


Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana METROKALSEL.CO.ID,…


Tim Tikim Imigrasi Batulicin Turun ke Desa-Desa Sampaikan Informasi MPaspor

(Istimewa) Sosialisasi MPaspor ke Desa-desa di Kabupaten Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Kantor Imigrasi Kelas II…


Bupati Bersama Kapolres dan Dandim Tanbu, Tinjau Langsung Jalan Nasional Yang Longsor

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar bersama Kapolres AKBP Tri Hambodo…