Selasa, 7 Desember 2021
banner-iklan-header

PUPR Gelar Sidang Komisi Irigasi Untuk Tingkatkan Kualitas Pangan di Tanbu

Selasa, 17 November 2020 09:23
(diskominfo) Sidang Komisi Irigasi yang digelar DinAs PUPR Tanbu
BANNER-ARCHIVE

BATULICIN, Metrokalsel – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menggelar sidang Komisi Irigasi Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) bertempat di Gedung TP PKK Tanbu, Senin (16/11/2020).

Sidang Komisi Irigasi Tahun 2020 ini dibuka Asisten Ekonomi dan Pembangunan, H Rahmat, mewakili Bupati Tqnbu H Sudian Noor.

Dalam sambutanya, Bupati mengatakan menyambut baik dengan dilaksanakan sidang komisi irigasi tahun 2020.

Dia mengatakan melalui sidang komisi Irigasi ini para peserta dapat mendiskusikan Rencana Tata Tanam Global (RTTG) dan Rencana Tata Tanam Detail (RTTD) serta permasalahan irigasi yang menjadi kendala di Tanah Bumbu.

“Harapannya melalui Sidang Komisi Irigasi ini agar rencana tanam di Tanbu bisa serentak dilaksanakan,” ujarnya.

Menurutnya, sektor pertanian di Tanbu masih mengandalkan tadah hujan. Artinya rencana tanam masih sangat tergantung dari musim hujan.

Untuk itu, Pemkab Tanbu sangat berharap komitmen semua pihak, terkhusus kepada para peserta sidang Komisi Irigasi Tanah Bumbu untuk melakukan berbagai upaya dalam menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan guna memberikan rekomendasi penyelesaian permasahan irigasi yang ada di daerah ini. Sehingga dapat mewujudkan kedaulatan pangan di kab. Tanbu.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Tanbu melalui Kabid Sumber Daya Air, Hendra Jaya, mengatakan tujuan dilaksanakanya sidang komisi irigasi tahun 2020 yaitu untuk mensosialisasikan peran komisi irigasi dalam pengelolaan jaringan irigasi.

Kemudian untuk menentukan dan merumuskan pola tanam dan rencana tata tanam tahun 2021, mengevaluasi hasil tata tanam tahun 2020, serta mendapatkan informasi cuaca tahun 2021.

Tujuan lainya yaitu untuk menentukan daerah irigasi prioritas dalam penyusunan dokumen RP2I, merumuskan rencana tahunan penyediaan pembagian dan pemberian air irigasi yang efesien bagi pertanian dan keperluan lainnya, serta membahas dan memberikan pertimbangan dalam mengatasi permasalahan daerah irigasi akibat kekeringan, kebanjiran, dan bencana alam lainnya.

Sidang komisi irigasi dihadiri oleh Bappeda, PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Kepala Satuan Meteorologi Gusti Syamsir Alam Kotabaru, PDAM Bersujud, Balai Penyuluh Pertanian, Perkumpulan Petani Pemakai Air, Konsuktan Pendukung Pelaksana IPDMIP, dan Tim ISAI Regional 5 Kalsel. (mka01)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Akhir Desember 2021, Pembuatan Tangki Septik Ditargetkan Selesai

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Dinas PUPR Kabupaten Tanahbumbu Sedikit lagi bisa selesaikan pembangunan 3.444 unit tangki…


Bupati Tanbu Zairullah Azhar, Lantik 92 Anggota BPD

Dinas PMD Tanah Bumbu Fasilitasi Pelantikan 92 BPD Metrokalsel.co.id, Batulicin – Sebanyak 92 Anggota Badan…


Cuaca Buruk dan Banjir ROB, Satpolairud Polres Tanbu, Himbau Warga Pesisir Hentikan Aktivitas Dilaut

Anggota Satpolairud Polres Tanah Bumbu Saat Sapa Warga Tanbu dan Berikan Himbauan Metrokalsel.co.id, BATULICIN –…


Pasar Batuah Veteran Banjarmasin Bakal Direvitalisasi Total Secara Bertahap

Kepala Disperindag Banjarmasin, Ichrom Muftezar Metrokalsel.co.id, Banjarmasin – Kumuhnya kondisi bangunan pasar Batuah Veteran Banjarmasin…


Tingkatkan Nilai Moral Anak Kalsel, Bunda Nunung Hadirkan Pendongeng Susan

Sekretaris Dispersip Kalsel, M Ramadhan saat bersama dengan Pendongeng Ria Enes dan Boneka Susan Metrokalsel.co.id,…