Kamis, 29 September 2022
png_20220108_192606_0000

Malam Takbiran, Satu Unit Dozer dan Operatornya Jatuh ke Laut Tabaneo

Senin, 2 Mei 2022 19:37
IMG-20220502-WA0049
BANNER-ARCHIVE

(Kiriman Basarnas) Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian Korban Jatuh kr Laut Tananeo

Metrokalsel.co.id, Banjarmasin – Malam takbiran Hari Raya Idul Fitri, ada satu insiden di laut Tananeo.

Tepatnya, Minggu (1/5/2022) terjadi insiden di tongkang dengan nama kapal CLB Anugrah Lautan 09, 1 unit dozer beserta operatornya jatuh ke laut yang diketahui saksi di kapal itu.

“Pada pukul 19.30 wita, malam hari raya terjadi insiden dimana dozer dengan operator Matius Ili merosot dan jeblos turun ke bawah, karena kondisi sideboard tongkang sebelah kanan belakang kondisinya keropos dan korosi jadi 1 unit dozer dengan operatornya atas nama pak Matius Ili keperosot dan jatuh ke laut, “ jelas Rahmad Subhakti saksi di Lokasi kejadian.

Sementara itu, Basarnasi terima informasi pada Senin (2/5/2022) pukul 04.40 wita, selanjutnya langsung di terjunkan 3 rescuer dan 3 kru KN 407 guna langsung menuju ke LKP dengan koordinat 3°42’11,5″ S – 114°25’21,2″ E.

” Kami Langsung menuju lokasi dengan menggunakan sarana KN 407 yang berangkat dari dermaga SAR Basirih pada pukul 05.00 Wita, ” Jelas Al Amrad Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin.

Al Amrad menambahkan adapun peralatan yang dibawa yaitu 3 set alat Selam, Alat AquaEye dan alat pendukung lainnya guna mendukung proses pencarian korban.

Saat ini proses pencarian dengan teknik penyelaman sedang dilakukan oleh tim Basarnas dan Ditpolair Polda Kalsel serta pihak port Control Tabuneo dan beberapa abk dari CLB Anugrah Lautan 09 di sekitar Lokasi.

“Adapun cuaca di lokasi kejadian saat ini berawan dengan kondisi angin sedang serta gelombang sedang, jadi kita akan memaksimalkan semua peralatan yang ada, harapannya agar korban cepat diketemukan,” Ungkap Muhammad Al Amin koordinator lapangan Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin.

Tim juga melakukan pencarian dengan mengacu pada data dan pola yang didapat dari data SARMAP Prediction.

Data SARMAP Prediction merupakan data prediksi yg dihitung dari aplikasi khusus yg dimiliki Basarnas dengan mengkombinasikan dan mengkonfigurasikan dengan data arus, gelombang dan angin secara real time di sekitar lokasi kejadian.

Sesuai dengan data arus dan angin serta jenis yang sedang kita cari yang sudah diinput ke aplikasi SARMAP (Search & Rescue Model and Response System), untuk memudahkan pencarian dan memudahkan informasi jika ada kapal kapal yang melintas alur tersebut untuk membantu memantau dan memberikan informasi ke BASARNAS.

“Kami siap dalam kondisi apapun, kapanpun dan dimanapun dalam bidang jasa SAR, walaupun saat ini kami juga sedang merayakan Hari Raya Iedul Fitri 1443H sekalipun. Saya selalu menekankan ke anggota saya lakukan pekerjaanmu dengan sepenuh hati,” tutur Al Amrad. (ril)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Pencarian Hari Ketiga, Tim SAR Gabungan Temukan Satu Korban Tertimbun Longsor

METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Hari ke tiga, Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan satu orang dari…


Jhonlin Group Umrohkan 870 Warga Tanah Bumbu

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Jhonlin Group memberangkatkan 870 warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, untuk laksanakan ibadah…


Warga Binaan Lapas Kotabaru Yang Buta Huruf, Diajari Membaca dan Berhitung

Sebanyak 30 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Ikut Belajar Mandiri Mengenal Haruf dan…


Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana METROKALSEL.CO.ID,…


Tim Tikim Imigrasi Batulicin Turun ke Desa-Desa Sampaikan Informasi MPaspor

(Istimewa) Sosialisasi MPaspor ke Desa-desa di Kabupaten Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Kantor Imigrasi Kelas II…