Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

WNA Asal Thailand Diamankan Kantor Imigrasi Batulicin, Segera Dideportasi

Kamis, 21 April 2022 13:52
IMG-20220421-WA0038
BANNER-ARCHIVE

Press Conference Kantor Imigrasi Batulicin Terkait Diamankannya WNA Asal Thailand

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Sempat tinggal selama 34 tahun di Indonesia hingga menguasai bahasa Indonesia dan wajah hampir sama dengan penduduk Indonesia, berhasil kelabui petugas.

Namun tidak bagi jajaran Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, saat mengetahui ada warga yang diduga asing, kemudian diselidiki.

Bahkan, pria bernama Anan Vongsuwan alias Abdul Ma’rup itu, kini diamankan dan akan dideportasi ke Negeranya. Sempat tidak mengaku, akhirnya saat dipancing berbahasa Thailand justru memahaminya dan akhirnya diamankan petugas Imigrasi Batulicin.

Semua warga telah terkecoh dan tidakengetahui bahwa pria ini erupakan WNA Thailand. Bagaimana tidak, pria inisangat pandai berbahasa Indonesia dan menguasai Bahasa Indonesia sehingga warga tak mengetahui identitasnya.

Setelah berpindah-pindah tempat, sejak datang pada tahun 1988 ke Indonesia tepatnya di Pulau Sumatra dengan menggunakan tongkang pengangkut kayu tanpa menggunakan dokumen, kini pelariannya terhenti di Batulicin.

Pria ini kini diamankan dan akan dikirim ke Rumah Detensi Balikpapan pada Jumat besok melalui Bandara Syamsudin Noor.

Ini diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, I Gusti Bagus M Iberahim bersama Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham Wilayah Kalimantan Selatan, Junita S, dan Kanit Inteldakim Batulicin Alim Nurdin saat Press konference, Kamis (21/4/2022).

Press Konference Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, Seorang WNA Thailand Akan Dideportasi

 

” Jadi si pria ini datang sejak tajun 1988, dimana saat itu bersama dengan beberapa temannya ke Indonesia, dan saat itu teman-temannya ke kota dan dia tinggal sendiri. Pada saat itu, teman-temannya ditangkap dan si Anan Vongsuan memilih tinggal dihutan, ” sebut

Selama di Indonesia, pria ini sempat ikut di kapal ikan bahkan sudah pernah ditahan saat jajaran Polairud di Sumatra hingga pria nernama Anan Vingsuwan dipenjara selama 2,5 tahun di daerah Sungai Liat Bangka Belitung.

” Usai bebas, ternyata dia bingung karena dilepas begitu saja. Karena dia ingin hidup cari makan, maka dia mencari pekerjaan bantu-batu warga hingga bekerja disawit selama 13 tahun dibawah mandor di kalimantan Tengah, ” katanya.

Kehidupannya, berpindah-pindah lagi hingga pindah ke Kalimantan Selatan dan di Angsana. Warga tidak mengetahui bahwa deteni ini, adalah warga asing asal Thailand, karena begitu lancarnya berbahasa Indonesia.

” Jadi saat berada di Angsana dirawat di Puskesmas Angsana yang diduga warga asing dan sempat tidak mengaku. Setelah dipancing, akhirnya dipanggil ke Kantor Imigrasi dan mengaku memang asal Thailand, ” katanya.

Ditambahkan Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham Kalsel, Junita, mengatakan deteni ini dikenakan tindakan administratif Keimigrasianseauai dengan pasal 75 ayat 1 karena tidak menaati peraturan perundang-udangan.

” Ini sudah melanggar dan pria ini akan dideportasi ke daerahnya. Kami sedang berkoordinasi namun sebelum deportasi akan ditempatkan di Rumah Detensi Imigrasi di Balikpapan karena yang terdekat cuma disana, ” katanya. (dat)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa¬† METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…


Satlantas Polres Tanbu Berjasama Indocement Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas

Indocement dan Satlantas Polres Tanbu Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas untuk 3…


Kantor Imigrasi Batulicin Berkoordinasi Dengan Dandim 1022 Tanbu, Soal Kehadiran Orang Asing

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Kehadiran Orang Asing memang meningkatkan perekonomian dan investasi, namun demikian, tidak dapat…