Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Usai Koordinasi, Kepala Dinas KUMP2 Tanbu Akan Bangun Instalasi Tangki Ukur Mobil

Kamis, 10 Maret 2022 11:44
(Kominfo) Kepala Dinas KUMP2 Tanbu H Deny Harianto (kiri) nersama jajaran saat nerkoordinasi ke Pusat
BANNER-ARCHIVE

Dinas KUMP2 saat Koordinasi ke Pusat Terkait Rencana Pembangunan Instalasi TUM

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu ( Tanbu), H Deny Hariyanto, sebut Kabupaten ini bakal miliki Instalasi Tangki Ukur Mobil (TUM).

Pernyataan itu dilontarkannya usai berkoordinasi dengan tingkat Pemerintah Pusat. Dia mengatakan instalasi Tangki Ukur Mobil (TUM) akan dibangun di Tanah Bumbu.

Pohaknya telah koordinasi ke Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetroligian (PPSDK) di Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat terkait peningkatan SDM petugas penera.

“Kita akan siapkan dulu SDMnya,” sebut H Deny, Rabu (9/3/2022).

Koordinasi ke PPSDK tersebut, sambung H Deny, untuk mendaftarkan petugas Dinas KUMP2 urusan Kemetrologian dalam beberapa pelatihan yang menunjang kinerja petugas dalam pelaksanaan tugas kemetrologian seperti pelatihan Petugas Penera TUM, Petugas Pengawas Tera TUM, Petugas Pengawas BDKT Frozen, dan Petugas Pengawas Mass LPG agar mendapatkan prioritas dalam penjaringan pelatihan oleh PPSDK.

Diharapkan, dengan adanya petugas yang sesuai sertifikasi keahlian tersebut, Dinas KUMP2 mendapat dana pembangunan Instalasi TUM dari APBD Perubahan tahun 2022, sehingga pelaksanaan Tera TUM sudah bisa dilaksanakan sendiri di tahun 2023.

Keberadaan Instalasi TUM tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan PAD yang signifikan dari sumber Kemetrologian.

“Dengan meningkatkan pelayanan pada para pengusaha pengguna UTTP maka PAD Kabupaten Tanah Bumbu melalui Retribusi Kemetroligian juga akan meningkat,” pungkasnya.

Selain kunjungan kerja ke PPSDK, sebut H. Deny, pihaknya juga melakukan kunjungan ke Direktorat Metrologi di Bandung, Jawa Barat, dalam rangka pengambilan alat pengujian standart yang telah di kalibrasi untuk digunakan oleh Petugas Penera, berhak dalam melakukan Peneraan pada Alat UTTP yang digunakan oleh para pengusaha perdagangan di Tanah Bumbu.

Itu dalam hal bertransaksi dan juga menindaklanjuti peraturan pemerintah dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 08 tahun 1999, serta untuk melakukan Peneraan pada Peralatan Penguji UTTP yang ada di Laboratorium Kemetrologian pada UML Dinas KUMP2 sendiri. (ril/hms)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa¬† METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…


Satlantas Polres Tanbu Berjasama Indocement Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas

Indocement dan Satlantas Polres Tanbu Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas untuk 3…


Kantor Imigrasi Batulicin Berkoordinasi Dengan Dandim 1022 Tanbu, Soal Kehadiran Orang Asing

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Kehadiran Orang Asing memang meningkatkan perekonomian dan investasi, namun demikian, tidak dapat…