Kamis, 29 September 2022
png_20220108_192606_0000

Tim Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Berakhir di Kecamatan Angsana dan Satui

Rabu, 30 Maret 2022 19:42
IMG-20220330-WA0037
BANNER-ARCHIVE

Lelah 12 Hari Maraton Tim Penilaian, Terbayarkan Suguhan Tarian Merak

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Selama 12 hari berkeliling, tiba saaatnya hari terakhir melakukan penilaian ke desa-desa dan kelurahan di 12 Kecamatan Kabupaten Tanah Bumbu.

Tim Penilai Evaluasi menghakhirin penilaian di Angsana dan Satui, Rabu (39/3/2022).

Samsir, Ketua Tim Evaluasi Kabupaten sekaligus Kepala Dinas PMD Tanah Bumbu bersama anggota Lomba Desa dan Kelurahan mendapatkan suntikan semangat dengan pertunjukan menarik berupa kesenian tradisional Tari Merak di Desa Banjarsari Kecamatan Angsana.

Suguhan itu sedikit mengobati kerja keras dan perjuangan panjang para tim penilai. Sehingga rasa penat selama perjalanan hilang begitu menyaksikan penampilan apik dan menarik pelaku seni di Desa Banjarsari.

Tak ayal, wajah sumringah Samsir dan anggota tim penilai terpancar begitu penyambutan hingga memasuki gedung pertemuan. Tampak Camat Angsana Liana Hamita menyambut hangat mereka

“Terima kasih warga Banjarsari telah bergotong royong mempersiapkan lomba desa ini. Berkat kerjasama semua pihak saling bahu membahu yang paling utama dengan lomba desa kita dapat mengukur sejauh mana aparatur desa dalam mengelola penyelenggaraan pemerintahan desa selama 2 tahun,” ucap Camat Angsana haru.

Ia juga berharap, desa ini juara pertama mewakili kabupaten ke tingkat provinsi,” pungkasnya.

Sementara usai menilai di Angsana, tim penilaian belum bisa bernapas lega. Pasalnya masih ada satu desa lagi yang harus dikunjungi sebagai pamungkas. Yakni Sungai Cuma, Kecamatan Satui. Desa ini merupakan sasaran terjauh dirangkaian Kegiatan Lomba Desa Tingkat Kabupaten ini.

Ketua Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Samsir mengatakan lomba desa ini untuk mengukur dan menilai sejauh mana pemerintahan desa dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Bidang kemasyarakatan dan bidang kewilayahan, dan tak kalah pentingnya untuk mendapatkan indikator penilaian yaitu terkait partisipasi masyarakat dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat,” jelasnya.

Kemudian juga dituntut untuk membuat inovasi baik dalam pelayanan E-Governance maupun dibidang pelayanan posyandu.

“Kata kunci lomba desa dan kelurahan adalah sebagai upaya memberikan apresiasi kepada desa yang berprestasi atas keberhasilannya memajukan dan memandirikan desa,” terangnya.

Sehingga, lanjutnya, tentu tidak mudah dan sangat dibutuhkan peran partisipasi semua pihak yang ada di desa.

“Bergotong-royong memanfaatkan potensi yang ada di desa, dengan status kemandirian desa, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Samsir menjelaskan, tim penilai terdiri dari unsur SKPD, yakni Dinas PMD, TP PKK Kabupaten, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Satpol PP Dan Damkar, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Dukcapil, Dinas Kominfo dan Bagian Pemerintahan.

“Dengan selesainya evaluasi penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten, tinggal nanti kita tunggu hasil rapat tim penilai kabupaten, siapa yang akan menjadi juara,” sambungnya.

Ia menuturkan, tahun ini ada 2 lomba yaitu lomba desa dan kelurahan serta lomba posyandu tingkat kabupaten. “Kita akan umumkan saat Hari Ulang Tahun Kabupaten Tanah Bumbu pada Tanggal 8 April 2022 mendatang,” tukasnya.(dat/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Pencarian Hari Ketiga, Tim SAR Gabungan Temukan Satu Korban Tertimbun Longsor

METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Hari ke tiga, Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan satu orang dari…


Jhonlin Group Umrohkan 870 Warga Tanah Bumbu

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Jhonlin Group memberangkatkan 870 warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, untuk laksanakan ibadah…


Warga Binaan Lapas Kotabaru Yang Buta Huruf, Diajari Membaca dan Berhitung

Sebanyak 30 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Ikut Belajar Mandiri Mengenal Haruf dan…


Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana METROKALSEL.CO.ID,…


Tim Tikim Imigrasi Batulicin Turun ke Desa-Desa Sampaikan Informasi MPaspor

(Istimewa) Sosialisasi MPaspor ke Desa-desa di Kabupaten Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Kantor Imigrasi Kelas II…