Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Target 2023, Tak Ada Lagi Desa Tertinggal di Tanbu

Selasa, 23 Agustus 2022 15:29
IMG-20220618-WA0021
BANNER-ARCHIVE

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Pada Tahun 2023 mendatang, ditargetkan tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Target ini adalah upaya Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar, agar semua desa minimal statusnya menjadi desa berkembang di Bumi Bersujud ini.

Tahun ini, masih ada 3 desa yang dikategorikan tertinggal yakni Dadap Kusan Raya, Tamunih dan Batu Bulan yang semuanya ada di Kecamatan Teluk Kepayang perbatasan dengan Kabupaten Banjar.

Tiga desa ini menjadi target peningkatan status melalui Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (PMD) yang terus melakukan pembinaan.

” Target 2023 tidak ada lagi desa tertinggal di kabupaten Tanah Bumbu, ” kata Kepala Dinas PMD Tanbu, Samsir, Selasa (23/8/22).

Berbagai upaya yang sudah dilakukan pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten tanahbumbu. Sehingga menargetkan tahun 2023 tidak ada lagi desa yang tertinggal.

Diketahui, jumlah desa tertinggal di kabupaten tanahbumbu, sebelumnya sebanyak 5 desa yang terdiri dari Desa emil Baru dan Gunung Raya (Kecamatan Mantewe), Desa Temunih, Dadap Kusan Raya dan Batu Bulan, Kecamatan Teluk Kepayang.

Setelah dua desa naik status, di 2022 desa tertinggal tersisa sebanyak 3 desa yaitu Desa Dadap Kusan Raya, Temunih dan Batu Bulan Kecamatan Teluk Kepayang.

” Terkait Indek Desa Membangun, kami targetkan tahun 2023 tidak ada lagi yang namanya desa tertinggal, upaya yang kami lakukan sebagaimana regulasi yang sudah diatur, di antaranya peningkatan indek ketahanan pangan, ekonomi, sosial, Pendidikan lingkungan, kesehatan, air bersih dan infrastruktur, ” katanya.

Disini, bukan hanya PMD yang bergerak, namun melibatkan SKPD terkait untuk menaikkan status 3 desa tertinggal menjadi desa berkembang.

Masih menurut Samsir, ini sangat penting untuk merubah status desa agar di bumi bersujud pemerataan pembangunan dan peningkatan ekonomi dapat dirasakan masyarakat, terkhusus kepada Desa dapat memanfaatkan potensi Desa untuk menjadi peluang dalam memajukan desa.

” Harapan Bupati Zairullah Azhar, mengajak semua agar berlomba-lomba memajukan desa melalui peningkatan usaha ekonomi masyarakat, ” katanya.

Sementara itu, tiga desa saat diciba dihubungi masih sukit dihubujgu karena akses jaringan masih sulit dan 2023 baru ada progran pembangunan Jaringan di wilayah terpencil melalui Dinas Kominfo. (dat)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok, Punya Pemimpin Baru

Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok ke VIII METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Orari lokal kabupaten Kotabaru melaksanakan…


Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa¬† METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…


Satlantas Polres Tanbu Berjasama Indocement Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas

Indocement dan Satlantas Polres Tanbu Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas untuk 3…