Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Sentral Pembenihan Air Payau dan Air Laut Sebulu, Dilatih Budidaya Udang Galah oleh BBI Pulau Salak

Kamis, 9 Juni 2022 11:17
IMG-20220608-WA0010
BANNER-ARCHIVE

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Sentral Pembenihan Air Payau dan Air Laut (SPAPAL) Sebulu, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) belajar dan mengikuti pelatihan budidaya udang galah yang dilaksanakan di Balai Benih Ikan dan Udang (BBI) Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu, yang sudah sukses.

Sejumlah desa di Tanah Bumbu sukses budidaya udang galah yaitu Desa Sepunggur di Kecamatan Kusan Tengah dan Desa Manunggal Kecamatan Kusan Hulu yang telah berhasil budidaya udang galah.

Pelatihan pembenihan udang galah yang fiikuti SPAPAL Kaltim ini dibuka Kepala Balai Benih Ikan dan Udang (BBI) Pulau Salak, Fajarunun, Sabtu (5/6/22) diikuti 8 peserta dari SPAPAL Kalimantan Timur, berlangsung selama sepekan yakni 5 – 10 Juni 2022.

“Mereka secara khusus datang ke Tanah Bumbu untuk belajar proses pembenihan udang galah dan budidaya untuk pembesaranya,” terang M Rizwan salah satu pemateri pelatihan yang juga pejabat fungsional Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Tanah Bumbu, mewakili Kepala Dinas Perikanan Yulian Herawati, Kamis (9/6/2022).

Rizwan mengatakan, dalam pelatihan ini dikenalkan cara budidaya udang galah sejak proses persiapan, pemilihan induk, pemijahan, pemeliharaan larva, hingga proses pembesaran dan pemasaran.

Antusias peserta tampak dari sejumlah pertanyaan yang disampaikan peserta dalam pelatihan ini.

“Kepada peserta disampaikan teori tentang tata cara budidaya udang galah dari pembenihan sampai pembesaran,” tambah Rizwan, mantan Krpala BBI Pulau Salak yang berhasil budidaya udang galah kepada masyarakat.

Selain teori, kegiatan pelatihan budidaya udang galah dilanjutkan dengan kunjungan praktik di Instalasi Pembenihan udang galah di BBI Pulau Salak.

“Dengan diadakannya pelatihan budidaya ini bisa memperkuat eksistensi Balai Benih Ikan Pulau Salak di bidang pembenihan udang galah,” pungkasnya.

Sementara itu sejumlah peserta mengaku sangat puas mendapatkan penjelasan materi dari narasumber dari pembenihan budidaya udang galah ini.

“Alhamdulillah ilmu yang disampaikan komplit, sangat mudah dipahami. Kami sangat bersukur bisa mendapatkan ilmu langsung dari ahlinya,” terang Rifa’i selaku ketua rombongan.

Dipilihnya BBI Pulau Salak ini awalnya berdasarkan informasi yang ia terima melalui video channel terkait proses pembenihan ditempat ini.

“Kitakan dituntut pembenihan udang jadi saya pikir BBI Tanah Bumbu adalah tempat yang tepat,” tambah Wahyu salah satu peserta.

Seperti diketahui, budidaya udang galah merupakan komoditas yang memiliki prospek yang cukup baik karena harga dan permintaan yang cukup tinggi.

Balai Benih Ikan dan Udang (BBI) Pulau Salak Tanah Bumbu merupakan pusat pembenihan udang yang diproyeksikan menjadi salah satu sentra benih udang galah di Kalimantan Selatan.

Dukungan Pemerintah Provinsi Kalsel tersebut menjadi salah satu program prioritas Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel dalam Pengembangan Sentra Perikanan Darat Terpadu.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu sejak tahun 2021 lalu melalui BBI Pulau Salak aktif melakukan pembinaan yang dipimpin Rizwan kepada masyarakat yang berminat untuk budidaya udang galah. (dat)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Purna Paskibraka Indonesia Kotabaru, Gelar Rapat Persiapan Lomba PBB

PPI Kotabaru Gelar Rapat Persiapan Lomba PPB METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Purna paskibraka Indonesia (PPI) kabupaten…


Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok, Punya Pemimpin Baru

Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok ke VIII METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Orari lokal kabupaten Kotabaru melaksanakan…


Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa  METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…