Kamis, 29 September 2022
png_20220108_192606_0000

Sejumlah SKPD Terima Pendampingan Penilaian Arsip Usul Musnah

Kamis, 18 Agustus 2022 22:10
IMG-20220822-WA0029
BANNER-ARCHIVE

SKPD Tanbu Terima Pendampingan Penilaian Arsip Usul Musnah

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Tanah Bumbu selaku Lembaga Kearsipan Daerah melakukan pendampingan penilaian arsip usul musnah SKPD, Kamis (18/8/22).

Adapun SKPD yang didampingi untuk melakukan penilaian arsip usul musnah adalah SKPD yang telah menata arsip inaktifnya dan telah membuat daftar arsip inaktifnya berdasarkan Jadwal Retensi Arsip (JRA).

Kabid Kearsipan Dispersip Tanbu, Hj Noryana mengatakan SKPD yang telah menyatakan siap melakukan pemusnahan arsip dan dilakukan pendampingan untuk penilaian arsip usul musnah adalah Sekretariat Daerah, Dinas DP3AP2KB, BKPSDM, Dinas PMD dan Kecamatan Kusan Hilir.

Selain itu, ada beberapa SKPD yang turut berhadir dalam kegiatan ini diantaranya Pengelola Arsip dari Sekretariat DPRD, RSUD, Bapenda, Dinas Pendidikan, dan PUPR yang juga berencana akan melakukan pemusnahan arsip namun masih dalam proses melengkapi beberapa prosedur pemusnahan arsip dan sekaligus belajar serta berkonsultasi dengan Tim LKD dalam melakukan penilaian arsip usul musnah secara sendiri.

Lebih lanjut, Kabid Kearsipan menjelaskan, bahwa pendampingan ini dilakukan agar kedepannya SKPD yang telah siap untuk memusnahkan arsipnya dapat melakukan penilaian arsip sendiri sesuai JRA yang telah ditentukan.

Adapun Arsip apa, disimpan berapa lama, dan setelah masa simpan habis maka dimusnahkan atau diserahkan sebagai arsip statis, berdasarkan Undang-undang Kearsipan Nomor 43 Tahun 2009 mewajibkan setiap pencipta melakukan pemusnahan arsip berdasarkan Jadwal Retensi Arsip (JRA). (ril).

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Jhonlin Group Umrohkan 870 Warga Tanah Bumbu

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Jhonlin Group memberangkatkan 870 warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, untuk laksanakan ibadah…


Warga Binaan Lapas Kotabaru Yang Buta Huruf, Diajari Membaca dan Berhitung

Sebanyak 30 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Ikut Belajar Mandiri Mengenal Haruf dan…


Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana METROKALSEL.CO.ID,…


Tim Tikim Imigrasi Batulicin Turun ke Desa-Desa Sampaikan Informasi MPaspor

(Istimewa) Sosialisasi MPaspor ke Desa-desa di Kabupaten Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Kantor Imigrasi Kelas II…


Bupati Bersama Kapolres dan Dandim Tanbu, Tinjau Langsung Jalan Nasional Yang Longsor

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar bersama Kapolres AKBP Tri Hambodo…