Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Sebanyak 13 Pj Kepala Desa Persiapan Bersama Perangkatnya, Dilantik Bupati Tanah Bumbu

Senin, 20 Desember 2021 18:17
Bupati Tanbu saat pasang Lambang jabatan ke kepala desa (1)
BANNER-ARCHIVE

Pelantikan Pj Kepala Desa oleh Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Ada 13 desa yang kembali dimekarkan. Bahkan Penjabat Kepala Desa dannperanfkatnya resmi dilantik Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar.

Pelantikan itu, dilaksanakan di Aula Bersujud Sekretariat Pemkab Tanah Bumbu, Senin (20/12/2021) siang.

Penjabat Kepala Desa dan Perangkat Desa yang dilantik adalah Desa Tanamerah Indah, Desa Batu Meranti Jaya, Anugerah Sejahtera, Gunung Kanuar, Berkah Antasari, Gunung Meranti, Nunggal Jaya, Bintang Makmur, Desa Sukadamai Barat, Sukadamai Timur, Mulya Jaya, Kebun Agung dan Desa Mekar Mulya.

Dengan dilantiknya 13 penjabat desa, jumlah desa persiapan kini menjadi 21 desa, setelah beberapa bulan lalu ada 8 Desa persiapan yang juga dikukuhkan. Total desa di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) kini menjadi 165 desa.

Bupati dr HM Zairullah Azhar, mengatakan dengan pelantikan kepala desa ini, artinya sudah punya tanggungjawab untuk membangun desa. Menjadi seorang pemimpin juga punya tanggungjawab besar dan menjalankan roda pemerintahan tingkat desa.

Zairullah juga berharap agar Kepala Desa berkonsultasi apa yang akan dibangun untuk percepatan pembangunan dan memberikan pelayanan.

” Komunikasikan apa yang diperlu dibangun, tindakan apa yang akan dilakukan karena masih ada yang diatas, misalanya Camat, Dinas PMD hingga Bupati. Jadi jangan sungkan berkoordinasi untuk pembangunan desa, ” kata Zairullah yang saat itu juga didampingi Sekretaris Daerah, H Ambo Sakka dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Samsir.

Tugas pertama yang harus dilakukan, lanjut Zairullah, data semua warga miskin, kurang mampu dan anak yatim piatu di wilayah masing-masing dan laporkan kepadanya.

Sementara itu, Kapala Dinas PMD Tanbu, Samsir, menambahkan pelantikan Pj Kades ini adalah awal tugas mereka dan banyak yang harus dilakukan.

Pertama harus melakukan pendataan, invertarisasi aset dan masalah tapal batas desa. Selain itu, mempersiapan kantor desanya.

” Walau sementara sudah ada kantor sementara (menyewa), tetapi harus mempersiapkan lokasi kantor definitif nanti,” katanya.

Dengan pemekaran ini, tentunya bisa mempermudah pelayanan kepada masyarakat, percepatan pembangunan infrastruktur.

” Satu hal lagi, adanya pemekaran desa ini bisa meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi bisa lebih cepat. Dan harapan kami kepada desa-desa pemekaran ini bisa memberikan inovasi dan menggali potensi desa untuk mendapatkan PADes, ” tandasnya. (dat/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Purna Paskibraka Indonesia Kotabaru, Gelar Rapat Persiapan Lomba PBB

PPI Kotabaru Gelar Rapat Persiapan Lomba PPB METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Purna paskibraka Indonesia (PPI) kabupaten…


Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok, Punya Pemimpin Baru

Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok ke VIII METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Orari lokal kabupaten Kotabaru melaksanakan…


Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa¬† METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…