Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Samsir Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Pembangunan Manusia sekecamatan Teluk Kepayang

Selasa, 28 Desember 2021 19:16
IMG-20211228-WA0061
BANNER-ARCHIVE

Kadis PMD Tanah Bumbu, Samsir Saat Berikan Arahannya Kepada KPM Sekecamatan Teluk Kepayang

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di tiap desa, Kecamatan Teluk Kepayang gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Pembangunan Manusia (KPM) dilaksanakan di Hotel Hillmar Batulicin, Selasa (28/12/2021).

Kegiatan itu, dihadiri langsung Kepala Dinas Pemnerdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu, Samsir SE.,M.AP.

Samsir membuoa kegiatan itu dan memberikan arahan agar kapasitas diri bisa lebih ditingkatkan.

Dia juga mengapresiasi kegiatan tersebut karena kader Pembangunan Manusia (KPM) sebagai ujung tombak dalam mewujudkan Kesehatan masyarakat yang mana di desa masih ditemui kasus stunting.

” Kegiatan ini sangat membantu para Kader Pembangunan Manusia untuk menambah wawasan terkait penangan stuting karena pak Bupati selalu mengingatkan agar Posyandu yang ada di Desa di Tingkatkan partisipasi posyandunya,” katanya.

Hal ini, ada kolerasi terkait stunting, karena yang namanya pencegahan stunting, sejak 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) mulai dari nol bulan sampai 2 tahun harus diperhatikan.

” Saya mengharapkan ibu hamil sering-sering memeriksakan kehamilannya secara rutin sehingga bisa terhindar dari yang namanya stunting, ” katanya.

Disini peranan KPM dan TPD sangat diharapkan, salah satunya juga tak kalah pentingnya agar melaporkan Sistem Informasi Posyandu secara rutin melalui Dinas PMD. Seba, salah satu syarat untuk penyaluran dan pencairan Tahap ketiga Dana Desa dilampirkan kegiatan KPM yaitu Jumlah Ibu Hamil, Jumlah Balita, Jumlah Pasangan usia subur dan lainnya.

Samsir juga menyampaikan dalam rangka meningkatkan partisipasi posyandu, peranan tenaga ahli kabupaten, Pendamping desa, serta tenaga kesehatan yang ada di desa agar bergotong royong melakukan inovasi dan edukasi masyarakat agar meningkat partisipasi di posyandu, dengan meningkatnya partisipasi posyandu tentu bisa bebas yang namanya stunting serta masyarakat juga sehat.

Sementara itu, Camat Teluk Kapayang H Jhoni Suwarno sangat berterima kasih sekali atas kehadiran kepala dinas PMD dan menyampaikan arahannya.

Para KPM ini juga harus tahu dan memahami tugas dan fungsinya dalam mengembangkan dan menjaga kesehatan di Desa.

” Semoga Kecamatan Teluk Kepayang tidak ada lagi yang namanya stunting karena KPM dan Bidan Desa serta stakeholder terkait bersatu dalam mencegah Stunting, khususnya juga TP PKK Kecamatan dan Desa bersatu padu dalam memelihara kesehatan masyarakat, ” tandasnya. (dat/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Purna Paskibraka Indonesia Kotabaru, Gelar Rapat Persiapan Lomba PBB

PPI Kotabaru Gelar Rapat Persiapan Lomba PPB METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Purna paskibraka Indonesia (PPI) kabupaten…


Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok, Punya Pemimpin Baru

Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok ke VIII METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Orari lokal kabupaten Kotabaru melaksanakan…


Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa¬† METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…