Kamis, 6 Oktober 2022
png_20220108_192606_0000

PMD Tanbu Gelar Rakor Pokjanal Posyandu Upaya Tingkatkan Partisipasi di Desa dan Kelurahan

Jumat, 28 Januari 2022 16:00
IMG-20220127-WA0015
BANNER-ARCHIVE

Rakor Pokjanal Posyandu Upaya Tingkatkan Partisipasi di Desa dan Kelurahan di Kantor Bupati Tanah Bumbu

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Dalam Rangka menindak lanjuti hasil Raker bersama Bupati Tanah Bumbu dan seluruh SKPD dan Camat se Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) yang di gelar pekan lalu, salah satu isu strategis Bupati dari hasil Raker menekankan ke Posyandu.

Penekannya, agar Posyandu di desa atau Kelurahan dapat meningkatkan Partisipasi karena Posyandu ini sangat Penting untuk dilaksanakan di desa- desa dan di kelurahan.

Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanah Bumbu, memfasilitasi kegiatan Rakor perdana di gelar di Ruang Rapat Bersujud dengan menghadirkan beberapa kepala dinas terkait antara lain Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak,Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Pengurus TP PKK Kabupaten, Camat, Ketua TP PKK Kecamatan, Pengurus Pokjanal Kabupaten dan Kecamatan, Kamis (28/1/2022) kemarin.

Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar yang diwakili oleh Asisten 3 Andi Aminuddin mengatakan bahwa Rakor ini dilaksanakan dalam rangka menindak lanjuti Visi Misi Bupati Tanah Bumbu “Membangun Tanah Bumbu Maju, Unggul,Mandiri, Relegius dan Demokratis.”

Salah satu yang ingin diwujudkan, adalah memberikan pelayanan di Posyandu agar menjadi prioritas yang harus ditindak lanjuti para SOPD yang terkait untuk serius menggerakkan Posyandu di Desa atau Kelurahan.

Kadis PMD Tanah Bumbu, Samsir mengatakan bahwa rakor ini bertujuan untuk saling sinergitas SKPD terkait, yang di bahas bagaiamana peranan Pokjanal Kabupaten melakukan Pembinaan dan evaluasi terhadap Posyandu yang ada di Desa atau Kelurahan.

” Tentu kita mengharapkan kerjasama semua Camat, Ketua PKK Kecamatan dan Pokjanal Kecamatan menjadi garda terdepan di dalam melakukan pembinaan di desa kelurahan, dengan sinergitas yang baik tentu apapun permasalahannya bisa diselesaikan dengan baik, ” katanya.

Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar mengharapkan tingkat kehadiran masyarakat di Posyandu harus tinggi agar bayi dan balita lahir dalam keadaan sehat dan tidak stunting.

Oleh sebab itu, peranan Kader Posyandu dan Kader Dasa Wisma menjadi ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, disisi lain tentu dalam meningkatkan partisipasi Posyandu kesejahteraan kader juga perlu dipikirkan termasuk Pemberian makanan tambahan bagi bayi dan Balita, kemudian Peranan PKK Kabupaten, Kecamatan dan desa juga menjadi komitmen untuk meningkatkan partisifasi Posyandu, katanya.

Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Hj Wahyu Widarti Zairullah Azhar yang diwakili oleh Pokja 4, Ny. Elly Irawati dalam sambutannya perlu adanya peningkatan kapasitas Kader PKK Desa, Pembinaan Posyandu oleh Pokjanal Kabupaten.

” Status 20 Posyandu agar dapat ditingkatkan menjadi Madya,” Katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Sungai loban Ny.Indri Rusdiansyah dalam rangka meningkatkan Partisipasi Posyandu perlu diberikan Reward bagi kader sehingga memberikan semangat bagi posyandu lainnya. (dat/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Diduga Gara-gara Pancis, Sebuah Pom Mini di Sungai Taib Kotabaru, Terbakar

Pom Mini Terbakar, Warga Sungai Taib Geger METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Warga tiba-tiba panik saat mrlihat…


Dishub dan Satlantas Polres Kotabaru, Sosialisasikan Aturan Tonase Yang Melintas

Dishub Kotabaru Bersama Satlantas Melakukan Sosialisasi Dan Pengambilan Sampel Kepada Pengemudi Angkutan Umum METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU…


Memeriahkan HUT TNI Ke -77 Pangkalan TNI AL Kotabaru Gelar Water Trappen

  METROKALSEL.CO.ID,KOTABARU – Dalam rangka memeriahkan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-77 Tahun 2022 yang…


Isu Rekrut Qori Dari Luar Daerah, Ini Tanggapan Kepala Kemenag Kotabaru

Kepala Kantor Kemenag Kotabaru, H Ahmad Kamal METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Penyelenggaraan MTQ Nasional ke 52…


Tak Kuat Menanjak, Truk Terbalik Timpa Ayah dan Anak Hingga Tewas di Kotabaru

Kecelakaan di Tanjakan Jalan Pulau Laut Sigam Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Diduga tak kuat menanjak,…