Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Perusahaan dikumpulkan, Kantor Imigrasi Batulicin Evaluasi SIMPORA dan Sosialisasi MPaspor

Kamis, 8 September 2022 14:10
Sekda Tanbu Saat Pimpin Pertemuan di dengan warga dan Perusahaan (3)
BANNER-ARCHIVE

Foto Bersama Kadiv Imigrasi Kemenkumham Kalsel, Junita Sitorus Saat Evaluasi SIMPORA dan Sosialisasi MPaspor

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Sejumlah perusahaan di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dikumpulkan pihak Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin.

Tunuannya untuk Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Pengawasan Orang Asing (SIMPORA) sekaligus sosialisasi Aplikasi Mobile Paspor di ruang Soraja Hall Hotel Ebony Batulicin, Kamis (8/9/22).

Kegiatan itu dihadiri langsung Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Kemenkumham Kalimantan Selatan, Junita Sitorus.

Ada 17 Perusahaan yang diundang dalam acara tersebut termasuk Kalapas Batulicin dan Kalapas Kotabaru serta Kepala Bapas Batulicin.

Dikegiatan tersebut, Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham Kalsel, Junita Sitorus, didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, I Gusti Bagus M Ibrahim menyampaikan pentingnya evaluasi untuk mengetahui sejauh mana peran perusahaan terkait SIMPORA ini.

Dengan melalui website Simpora ini, pengawasan orang asing bisa lakukan pengumpulan data Warga Negara Asing (WNA) yang dimiliki imigrasi akan dibandingkan dengan sponsor (penjamin).

” Simpora ini adalah pengumpulan dan penginputan data orang asing lebih mudah, cepat dan efisien. Ini lebih mudah untuk melakukan pemantauan, ” katanya.

Perusahaan tidak perlu lagi ke kantor imigrasi untuk melapor karena bisa dilaporkan menggunakan aplikasi ini. Apalagi yang diiput bukan dokumen tetapi hanya data saja.

” Ini sangat mudah dalam penggunaannya. Lantas Bagaimana mendapatkan user id ? Cukup mendaftar menggunakan email dan sudah ada petunjuknya tersedia, ” katanya.

Melihat masih banyaknya yang belum menginput, maka Junita menargetkan satu bulan ke depan, semua penjamin atau perusahaan yang memiliki tenaga kerja orang asing, harus selesai semua.

Semetara itu, terkait sosialisasi M-Paspor, ini mudahkan semua masyarakat untuk membuat paspor, sehingga tidak bolak balik ke kantor Imigrasi.

Penyampaian Evaluasi SIMPORA dan Sosialisasi MPaspor

 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, I Gusti Bagus M Ibrahim, juga menambahkan untuk SIMPORA ini keterlibatan perusahaan cukup aktif saat memberikan laporan fisik sebelumnya. Namun dengan adanya aplikasi SIMPORA ini lebih memudahkan tanpa harus ke kamlntor Imigrasi lagi.

” Sedangkan untuk jumlah WNA di Batulicin, sementara datanya sekitar 80an orang, ” katanya.

Sementara itu, sosialisasi MPaspor, juga disampaikan agar mereka paham dengan pengurusan pembuatan paspor.

Fitur dalam Aplikasi M Paspor ini di antaranya ada menu Pembayaran PNBP diawal, Validasi Nik disdukcapil, integritas DPRI, reschedu jadwal kedatangan.

” Jadi pemohon bisa mengatur jadwal kapan mau datang ke imigrasi untuk wawancara dan foto. Ini adalah kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengurus paspor, ” tandasnya. (dat)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Purna Paskibraka Indonesia Kotabaru, Gelar Rapat Persiapan Lomba PBB

PPI Kotabaru Gelar Rapat Persiapan Lomba PPB METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Purna paskibraka Indonesia (PPI) kabupaten…


Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok, Punya Pemimpin Baru

Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok ke VIII METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Orari lokal kabupaten Kotabaru melaksanakan…


Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa¬† METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…