Kamis, 6 Oktober 2022
png_20220108_192606_0000

Pengelolaan Wisata Satim Park BUMDes Satui Timur, Dinas PMD Tanbu Berikan Pembinaan Agar Lebih Maju

Rabu, 22 Desember 2021 18:24
Bumdes Satim Park Satui Timur Tanbu (3)
BANNER-ARCHIVE

Dinas PMD Tanbu Saat Tinjau Tempat Wisata Satim Park Yang Dikelola Bumdes Mitra Jaya Utama

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Pujian disampaikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanah Bumbu, atas pengelolaan Bumdes di Desa Satui Timur Kabupaten Tanah Bumbu.

BUMDes Mitra Jaya Utama Desa Satui Timur, dengan terobosannya kelola tempat wisata Satim Park (pohon pinus). Bumdes ini sukses menarik minat pengunjung dengan berbagai fasilitas dan wahana di tempat ini.

Rindangnya pohon pinus, taman bermain anak hingga arena flying fox di tempat ini. Perahu Bebek Angsa, Jalan Titian, Gazebo, pemancingan, Payung warna warni, taman anak-anak, musik, play Grown, ayunan, dan menara pandang.

Pengelolaan BUMDes yang terbilang menonjol ini, langsung ditinjau Kepala Dinas PMD Samsir, didampingi Pejabat dan Tenaga Ahli Bidang Pengembangan Ekonomi Kabupaten. Mereka datang untuk melaksanakan Pembinaan dan Evaluasi pengelolaan Bumdes Mitra Jaya Utama bergerak di sektor Pariwisata yg dikenal dengan Wisata Satim Park (Pohon Vinus).

Peninjauan Bumdes Satui Timur yang kelola Wisata Satim Park

 

Peninjauan itu didampingi langsung Ketua BUMDes Zainudin dan Ketua Unit Bumdes, Sunarwi, yang mengatakan sejak dibukanya tempat itu dikunjungi banyak orang lokal hingga luar daerah.

“Pengunjung yang datang setiap harinya berjumlah 300 sampai 500 orang. Sedangkan khusus hari Sabtu dan Minggu bisa capai 1.000 orang sampai 1500 orang, ” katanya.

Kepala desa Satui Timur, Misransyah sangat mengapresiasi kegiatan Bumdes yang bergerak di sektor pariwisata. Disebutkannya, untuk Tahun 2021 melalui Dana desa dianggarkan pengembangan Bumdes sebesar Rp 257.000.000. Sedangkan Tahun 2022,rencananya Dana Desa konsentrasi pengembangan ekonomi sektor Pariwisata melalui Bumdes.

Satim Park Yang Dilengkapi Sejumlah Wahana dan Payung Warna-warni

 

” Pokoknya kami sangat optimis Bumdes akan maju ke depannya , apalagi Bumdes dalam mengelola Wisata Satim Park (pohon Vinus) telah membentuk Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis. Kami optimis ini akan maju,” katanya.

Kepala Dinas PMD Tanbu, Samsir menyampaikan bahwa Bumdes harus berpikir kedepan jangan berpikir sekarang tapi perlu komitmen pengurus Bumdes dan pokdarwis dengan menerapkan sapta pesona.

Dia juga menyebutkan, pihak Bumdes perlu memperhatikan Petunjuk arah menuju wisata, MCK , gazebo, pendopo serta tempat permainan lainnya sering membuat pengunjung senang dan betah.

Ditambah lagi atraksi seni budaya dan event yang sering ditampilkan sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung, dan tak kalah penting Aset Desanya harus jelas, serta regulasi.

” Ini sangat bagus, Bumdesnya punya inovasi untuk berkembang. Ini sangat kami dukung. Maka dari itu, kami selalu ingatkan agar Bumdes punya inovasi untuk meningkatkan potensi yang ada untuk peningkatan PADes, ” kata pria yang pernah menjabat sebagai Kabid Destinasi Pariwisata ini.

Samsir berharap, pelaksanaan pembinaan dan evaluasi ini memberikan dukungan bagi bumdes dan pemerintah desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal ini juga menjadi pilot projek dan bisa diikuti inovasi bagi pengembangan Bumdes lainnya. ” Ini harus di contoh, ” tandasnya.

Bantu Komunikasi Pembangunan Jalan Masuk

Camat Satui Ismail, juga sangat mendukung kegiatan Bumdes ini dan bahkan siap untuk mengkoordinasikan dan sinergisitas dengan SKPD terkait.

Pasalnya, dalam pengelolaan Wisata Satim Park tentunya, akses masuk juga harus nyaman.

“Jalan menuju lokasi yang belum beraspal 2,5 KM. Ini akan diusahakan agar mendapatkan perhatian. Kami akan komunikasikan dengan Dinas PUPR, ” katanya.

Di Satim Park ini pul, pengunjujg bukan hanya dari lokal Tanbu, bahkan dari luar daerah juga sudah ada yang datang.

” Kami juga sempat bertemu dengan pengunjung luar Kabupaten Tanbu yaitu Saiful Anggota DPRD Kabupaten Batola berkunjung di Wisata Satim Park ini yang sangat senang bisa ke tempat itu. Dia siap akan study komperasi di Kabupaten Tanbu khususnya terkait pengelolaan Bumdes disini, ” katanya. (dat/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Diduga Gara-gara Pancis, Sebuah Pom Mini di Sungai Taib Kotabaru, Terbakar

Pom Mini Terbakar, Warga Sungai Taib Geger METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Warga tiba-tiba panik saat mrlihat…


Dishub dan Satlantas Polres Kotabaru, Sosialisasikan Aturan Tonase Yang Melintas

Dishub Kotabaru Bersama Satlantas Melakukan Sosialisasi Dan Pengambilan Sampel Kepada Pengemudi Angkutan Umum METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU…


Memeriahkan HUT TNI Ke -77 Pangkalan TNI AL Kotabaru Gelar Water Trappen

  METROKALSEL.CO.ID,KOTABARU – Dalam rangka memeriahkan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-77 Tahun 2022 yang…


Isu Rekrut Qori Dari Luar Daerah, Ini Tanggapan Kepala Kemenag Kotabaru

Kepala Kantor Kemenag Kotabaru, H Ahmad Kamal METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Penyelenggaraan MTQ Nasional ke 52…


Tak Kuat Menanjak, Truk Terbalik Timpa Ayah dan Anak Hingga Tewas di Kotabaru

Kecelakaan di Tanjakan Jalan Pulau Laut Sigam Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Diduga tak kuat menanjak,…