Kamis, 6 Oktober 2022
png_20220108_192606_0000

Pemkab Tanbu Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Jumat, 25 Februari 2022 08:57
(Kominfo) Dinas Lingkungan Hidup turut memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Senin (21_02_2022) di lapangan SDN 1 Sungai Dua
BANNER-ARCHIVE

Pemkab Tanbu Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Lingkungan Hidup turut memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Senin (21/02/2022) di lapangan SDN 1 Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat.

Peringatan HPSN 2022 saat itu diisi dengan berbagai kegiatan, dari gotong royong mengumpulkan sampah yang ada, pemilahan sampah, pembelian sampah yang dikumpulkan, praktik pengolahan kompos dari sampah organik dan pembuatan lubang biopori, serta pemberian penghargaan bagi petugas kebersihan.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mahriyadi Noor mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan HPSN 2022.

Peringatan itu menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian dan komitmen bersama agar pengelolaan sampah menjadi semakin baik. Hal itu sebagaimana tema HPSN 2022 yaitu ‘Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim”.

Menurutnya, permasalahan sampah membutuhkan perjuangan panjang dalam pengelolaannya. Berbagai strategi dan kebijakan dikeluarkan dalam pengelolaan sampah, terutama sampah rumah tangga dan sejenisnya agar pengeloalaan itu dapat terintegrasi, terpadu dari hulu hingga ke hilir, dan juga memiliki nilai guna maupun nilai jual, sehingga memberikan manfaat dan aman bagi lingkungan.

“Titik akhir perjuangan ini adalah kesadaran masyarakat. Sekuat apapun pemerintah melayani, tanpa kesadaran yang ada di masyarakat, maka kita akan selalu kelabakan mengelola persampahan,” jelasnya.

Selain itu, Mahriyadi juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh pihak baik itu perorangan, instisusi, lembaga hingga perusahaan yang telah membayar retribusi sampah dengan rutin. Sehingga DLH Tanbu mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan memberikan pelayanan maksimal dalam pengelolaan persampahan.

Turut berhadir dalam kegiatan itu, perwakilan beberapa perusahaan, Camat Batulicin, Kepala Desa Sungai Dua, PKK Desa Sungai Dua dan masyarakat lainnya. (ril/hms)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Diduga Gara-gara Pancis, Sebuah Pom Mini di Sungai Taib Kotabaru, Terbakar

Pom Mini Terbakar, Warga Sungai Taib Geger METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Warga tiba-tiba panik saat mrlihat…


Dishub dan Satlantas Polres Kotabaru, Sosialisasikan Aturan Tonase Yang Melintas

Dishub Kotabaru Bersama Satlantas Melakukan Sosialisasi Dan Pengambilan Sampel Kepada Pengemudi Angkutan Umum METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU…


Memeriahkan HUT TNI Ke -77 Pangkalan TNI AL Kotabaru Gelar Water Trappen

  METROKALSEL.CO.ID,KOTABARU – Dalam rangka memeriahkan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-77 Tahun 2022 yang…


Isu Rekrut Qori Dari Luar Daerah, Ini Tanggapan Kepala Kemenag Kotabaru

Kepala Kantor Kemenag Kotabaru, H Ahmad Kamal METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Penyelenggaraan MTQ Nasional ke 52…


Tak Kuat Menanjak, Truk Terbalik Timpa Ayah dan Anak Hingga Tewas di Kotabaru

Kecelakaan di Tanjakan Jalan Pulau Laut Sigam Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Diduga tak kuat menanjak,…