Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Pemilihan Baco Becce di Ajang Mappamre Ritasi’e Pagatan, Meriah

Sabtu, 14 Mei 2022 23:05
IMG_20220513_214024
BANNER-ARCHIVE

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Bersaing dengan banyak peserta Baco dan Becce, Muhammad Yogi dan Ega Salsabila akhirnya terpilih sebagai Baco Becce 2022 Kabupaten Tanah Bumbu.

Predikat itu mereka sandang setelah dalam pemilihan ajang yang dihelat Lembaga Ade Ogie, meraih nilai tertinggi dari dewan juri di malam Grand Final di Panggung Utama Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Jumat (13/5/2022) malam.

Mereka tampil mempesona dan mampu menjawab pertanyaan yang disiapkan dewan juri, mulai dari karantina hingga malam grandfinal.

“Penilaian para peserta dilalui beberapa tahap. Dari karantina, hingga saat penampilan dan sesi tanya jawab. Semua kemampuan dan etika peserta menjadi pertimbangan penilaian,” kata ketua Dewan Juri, Samsir.

Ajang ini sendiri terakhir kali diselenggarakan 2001 silam. Tapi tahun ini akhirnya kembali digelar Lembaga Adat Ade Ogie Kabupaten Tanahbumbu.

Selain memeriahkan rangkaian Pesona Budaya Maritim Mappanre ritasie, juga sebagai upaya pelestarian tradisi nenek moyang yang pernah dilaksanakan secara turun temurun sejak dulu.

“Kegiatan pemilihan Baco Becce ini bagian upaya untuk pelestarian adat dan budaya,” Penasehat Lembaga Ade Ogie Pagatan Kabupaten Tanahbumbu, H Hamsyuri didampingi Ketua H Fawahisah Mahabatan dan Camat Kusan Hilir.

Mengingat kini kian tergerus modernisasi. Sehingga momentum Mappanreritasie menjadi awal tonggaknya kembali bangkit.

“Selain itu rangkaian Pesona Budaya Maritim Mappanreritasie ini juga kolaborasi Lembaga Adat dan pemerintah daerah memberikan hiburan kepada masyarakat Bumi Bersujud,” lanjutnya.

Kemudian yang terpenting, sambungnya, membangkitkan gairah perekonomian warga serta menggali sumber pendapatan daerah.

“Pemkab juga dapat pemasukan dari berbagai sektor, diantaranya melalui parkir. Kemudian semarak kuliner juga memberikan kontribusi,” tukasnya.

Ia berharap kegiatan budaya ini terus berkelanjutan, setelah sempat vakum 2 tahun karena terpaan badai pandemi covid-19.

Selama rangkaian Mappanre ritasie, Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir selalu dipadati masyarakat untuk menikmati beragam kegiatan dan berbagai produk daerah.

Sekadar diketahui kegiatan Pesata Pantai Mappanre Ritasie akan digelar hingga 22 Mei mendatang. Akan ada artis yangbakan menghibur masyarakat Tanahbumbunyaitu Selfy Yamma Lida dan Fildan Lida. (dat)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok, Punya Pemimpin Baru

Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok ke VIII METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Orari lokal kabupaten Kotabaru melaksanakan…


Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa  METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…


Satlantas Polres Tanbu Berjasama Indocement Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas

Indocement dan Satlantas Polres Tanbu Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas untuk 3…