Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Pemda dan PT BIB Sambut Kunjungan Deputi Kementrian Parekraf dan Marves di Desa Mustika Kuranji

Jumat, 15 Juli 2022 07:39
IMG-20220714-WA0072
BANNER-ARCHIVE

PT. BIB Dan Pemerintah Daerah Terima Kunjungan Deputi Kementrian Parekraf dan Marves di Desa Mustika Saat Berbincang-bincang

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Desa Mustika Kecamatan Kuranji Kabupaten Tanah Bumbu merupakan salah satu desa kreatif yang menjadi binaan PT Borneo Indo Bara (BIB).

Desa ini menerima kunjungan deputi kementerian Marves, deputi Kemenparekraf, dirjen Anggaran Kementerian Keuangan RI dan Bappneas di Desa Mustika, Rabu (13/07/22).

Adapun tujuan dari kunjungan tersebut yakni dalam rangka melakukan pemantauan dan evaluasi oleh Bappenas, Dirjen Kementerian Marves, Dirjen Kemenparekraf dan Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan RI.

Dalam kunjungan tersebut rombongan dari Dirjen kementerian disambut oleh Kepala Bappeda Tanah Bumbu Andi Anwar Sadat didampipingi oleh Senior manager coporate Sosial Responsibility (CSR) PT BIB Dindin Makinudin, Camat Kuranji Taryono dan Kades Mustika.

Desa mustika merupakan desa kreatif yang mewakili Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka kegiatan pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Tahun 2022 pada tanggal 12 hingga 13 Juli kemarin di Banjarmasin yang diselenggarakan oleh Direktorat Kuliner, Kriya, Desain dan Fasyen Deputi bidang digital dan produk kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Senior manager coporate Sosial Responsibility (CSR) PT BIB Dindin Makinudin mengatakan, desa mustika merupakan salah satu desa binaan PT Borneo Indo Bara (BIB) sejak tahun 2019 hingga saat ini melalui CSR dibidang ekonomi kreatif.

“Salah satu produk unggulannya yakni Mie hijau daun kelor, satu-satunya produk home industri mie daun kelor yang ada di indonesia,” kata Dindin Makinuddin.

Selain mie hijau masih banyak lagi produk produk unggulan lainnya dari desa Mustika diantaranya Kobika Kelor, Keripik Sus,Keripik Talas dan Kobika jahe instan, Kobika bawang dan pengolahan pupuk kompos dari sisa janjang buah dari perkebunan kelapa sawit.

” Saat ini PT BIB selain melakukan pembinaan terkait produk ekonomi kreatif yang ada di desa mutika, juga membantu terkait pengemasan produk dan pemasaran produk agar lebih mudah,” Jelas Dindin.

Sementara itu, Kepala Bappeda Tanah Bumbu Anwar Sadat mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari kementerian yang datang untuk melakukan pemantauan dan evalusi Desa Kreatif di Desa Mustika Kecamatan Kuranji Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kami dari Pemerintah Daerah melalui Bappeda membantu mengawal program usulan yang menjadi prioritas dari pemerintah desa melalui Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan hingga ketingkat Musrenbang Kabupaten, agar semua program prioritas tersebut dapat terealisasi,” kata Anwar Sadat.

Selain itu, pemerintah daerah mengucapkan terimaksih dan apresiasi tinggi kepada manajemen PT BIB yang telah melakukan pembinaan kepada Desa Mustika sehingga mampu mewakili Tanah Bumbu turut serta dalam pameran Apresiasi Kreasi Indoneaia (AKI) Tahun 2022 di Banjarmasin. (dat)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Purna Paskibraka Indonesia Kotabaru, Gelar Rapat Persiapan Lomba PBB

PPI Kotabaru Gelar Rapat Persiapan Lomba PPB METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Purna paskibraka Indonesia (PPI) kabupaten…


Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok, Punya Pemimpin Baru

Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok ke VIII METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Orari lokal kabupaten Kotabaru melaksanakan…


Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa¬† METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…