Sabtu, 10 Desember 2022
265297_09142509022021_JMSI_2 (2)

Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Kamis, 29 September 2022 09:06
Kunjungan Pelajar SMKN 1 Simpang Empat ke UMKM Centre BIB
BANNER-ARCHIVE

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Tanah Bumbu, mendatangi kawasan UMKM Centre Binaan PT Borneo Indobara (BIB) belum lama tadi.

Para pelajar dengan program kejuruan Desain Komunikasi Visual (DKV), bersama pendampingnya melihat hasil dari kualitas produk UMKM yang menjadi binaan perusahaan ternama di Bumi Bersujud ini.

Kegiatan yang digelar pada 20 September 2022, kemarin diikuti sebanyak 17 siswa diterima Wahyudi Wijaya selaku Section Head CSR, Bilqis Nabila selaku Project Manager Officer (PMO) serta Ni Made Narsuti selaku CSR BIB untuk pilar pendidikan.

Para pelajar ini melihat hasil produk dan tampilan produk yang sudah dikemas para pelaku UMKM yang ada dikawasan UMKM Centre PT BIB yang berada di pinggir Jalan Nasional Desa Angsana kabupaten Tanahnumbu, yang memang punya daya tarik dan menyediakan berbagai produk dan makanan yang enak.

Mereka kagum dengan hasil yang ditampilkan oleh para pelaku UMKM binaan perusahaan tambang batubara ini.

Terlebih lagi, PT BIB bersama dari 48 UMKM binannya telah bekerjasama dengan IBAN (Indonesia Branding Activist Network), bahkan datang ke UMKM Centre PT BIB.

” Jadi kami bekerajsama dengan IBAN untuk rebranding produk lokal, dengan datang langsung ke Centre UMKM kita untuk proses pendampingan rebranding 20 UMKM, ” katanya.

Pelajar SMKN Simpang Empat Saat Menerima Pemaparan Soal UMKM Centrr PT BIB

 

Dari sinilah, pihak SMKN 1 Simpang Empat ini, belajar ke UMKM binaan BIB untuk belajar sekaligus memperlihatkan hasil karya mereka.

Saat berkunjung ke UMKM binaan BIB ini, para pelajar ini juga menampilkan hasil karya meraka sesuai dengan jurusan itu, mulai dari desain grafisnya, poster, video iklan hingga video animasinya.

Pihak BIB pun juga menyanjung hasil karya mereka yang dianggap sudah bisa bersaing, dan mereka sudah menguasai teknisnya.

” Hasil karya para pelajar ini secara teknis, mereka sudah layak bersaing dengan karya-karya yang dihasilkan, ” kata Bilqis, Selasa (27/9/22).

BIB kini juga membuka peluang bagi para pelajar kedepannya bila untuk bekerjasama atau bahkan direkrut dari sekolah ini untuk diberdayakan melalui program CSR BIB.

Harapannya, anak-anak SMK 1 ini sudah punya nilai daya saing. Ini bisa menjadi sumber daya manusia ahli yang bisa sama-sama mengembangkan UMKM lokal.

” Jadi kita yang dulunya kerjasama sama pihak luar, bisa digantikan dengan pihak-pihak lokal yang berdaya saing. Ini peluang bagi UMKM Lokal,” pungkasnya.

Sementara itu, Dindin Makinudin, Senior Manager Empowerment & Sustainability PT BIB, pihaknya berkomitmen untuk memajukan UMKM dan daya dukung SDN yang mumpuni di Tanah Bumbu khususnya diwilayah lingkar tambang.

” Kami ingin semua priloduk hasil prlaku UMKM bisa punya daya saing agar tidak kalah dengan produk luar bahkan produk lokal harus memiliki nilai tambah (added value) yang lebih unggul, ” katanya.
(dat)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Peringati Hari Armada RI, Lanal Kotabaru Gelar Fun Bike

METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Lanal Kotabaru melaksanakan Fun bike memperingati Hari Armada RI tahun 2022. Kegiatan…


Ada Warga Derita Tumor dan Anaknya Lumpuh, Kapolsek Pulau Laut Selatan Langsung Membantu

Polri Peduli Sesama, Kapolsek Pulau Laut Selatan Berikan Bantuan Sembako Dan Uang Tunai METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU…


Bupati Zairullah Azhar Evaluasi Kinerja SKPDnya

Bupati Abah H Zairullah Azhar Expose Evaluasi Kinerja Seluruh SKPD METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Bupati Tanah…


Plt Kadis Kominfo Kotabaru Apresiasi Penyaluran Bantuan ke Warga Kurang Mampu

Plt Kepala Dinas Kominfo Kotabaru Ucapkan Terima Atas Kepeduliannya Menyalurkan Bantuan Kepada Masyarakat METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU…


PT Pelsart Bersama PWI Kotabaru Bagikan 70 Paket Sembako Kepada Masyarakat

PT Pelsart Bersama PWI Kotabaru Bagikan 70 Paket Sembako Kepada Masyarakat. METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – PT…