Kamis, 29 September 2022
png_20220108_192606_0000

Optimis Tingkatkan PAD, Dinas KUMP2 Tanbu Kunjungi BSML

Jumat, 15 April 2022 10:57
IMG-20220414-WA0010
BANNER-ARCHIVE

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Optimis tingkatkan Penghasilan Asli Daerah (PAD), Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (KUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), berkunjung ke Balai Standardisasi Metrologi Legal (BSML) Regional II Kalimantan, di Banjarbaru.

Kunjungan tersebut dalam rangka permohonan pendampingan petugas dari BSML untuk melakukan Pelaksanaan Tera atau Tera ulang pada alat UTTP yang dimohonkan oleh perusahaan yaitu Tera Ukur Tetap Silinder Tegak (TUTSIT) bahan bakar minyak dan Timbangan berjalan (Conveyor) yang banyak dimiliki pengusaha dipelabuhan pemuatan Batubara.

“Tanahbumbu sudah mempunyai kewenangan SKPTU dan petugas penera untuk melakukan peneraan tersebut, hanya saja karena ini kegiatan masih baru sehingga masih memerlukan pendampingan dari petugas BSML,” kata Kepala Dinas KUMP2 Tanbu, H Deny Hariyanto, Kamis (14/4/2022).

Dari hasil kegiatan tersebut, potensi keberadaan alat UTTP dimaksud, maka Dinas KUMP2 optimis PAD yang diperoleh dari urusan Kemetrologian akan mencapai peningkatan hingga berkali-kali lipat dari target tahunan.

Bahkan ia menyakini, tidak menutup kemungkinan akan mencapai Rp 1 sampai dengan 2 miliar pertahun dari Kemetrologian ini.

Di Tahun 2022 ini, Dinas KUMP2 punya perencanaan untuk menambah petugas penera yang berhak dengan mengikutsertakan ASN di Bidang Perdagangan dan Kemetrologian dalam pelatihan yang bersertifikasi untuk menjadi petugas berhak. Mereka juga menambah lagi sertifikasi kemampuan dari petugas yang sudah ada.

” Mantinya semua peluang retribusi dari Kemetrologian yang termuat dalam Perda Retribusi Jasa Umum di Tanbu, bisa kita laksanakan sehingga PAD Tanbu akan lebih banyak lagi peningkatannya,” katanya.

Selain itu, keberadaan Instalasi TUM tentunya juga akan berpengaruh terhadap peningkatan PAD yang signifikan dari sumber Kemetrologian.

“Dengan meningkatkan pelayanan pada para pengusaha pengguna UTTP, maka PAD Tanbu melalui Retribusi Kemetrologian juga akan meningkat,” pungkasnya.(dat/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Pencarian Hari Ketiga, Tim SAR Gabungan Temukan Satu Korban Tertimbun Longsor

METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Hari ke tiga, Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan satu orang dari…


Jhonlin Group Umrohkan 870 Warga Tanah Bumbu

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Jhonlin Group memberangkatkan 870 warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, untuk laksanakan ibadah…


Warga Binaan Lapas Kotabaru Yang Buta Huruf, Diajari Membaca dan Berhitung

Sebanyak 30 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Ikut Belajar Mandiri Mengenal Haruf dan…


Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana METROKALSEL.CO.ID,…


Tim Tikim Imigrasi Batulicin Turun ke Desa-Desa Sampaikan Informasi MPaspor

(Istimewa) Sosialisasi MPaspor ke Desa-desa di Kabupaten Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Kantor Imigrasi Kelas II…