Kamis, 6 Oktober 2022
png_20220108_192606_0000

Musyawarah Desa, Samsir : Gali Potensi Melalui Desa Wisata Bisa Tingkatkan Ekonomi

Jumat, 8 Juli 2022 16:01
Peninjauan Bumdes Satui Timur
BANNER-ARCHIVE

Desa Wisata di Desa Satui Timur Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Tiap desa biasanya punya potensi untuk dikembangkan dan kali ini Pemerintah Daerah mendorong agar menggali potensi wisata desa khsusunya dibidang pariwisata.

Alasannya, jika sebuah desa menjadi desa wisata, tentu akan menjadi kunjungan masyarakat. Sebab, yang namanya wisata tidak akan pernah mati selama dikelola dengan baik dan berinovasi.

Nah, tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Tanahbumbu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), berharap tiap desa memanfaatkan Musyawarah Desa (Musdes) yang digelar di Juli 2022 ini, benar-benar dimanfaatkan menggali potensi untuj dianggarkan di 2023.

Sebab diketahui, Kabupaten Tanah Bumbu sangat kaya akan potensi. Ambil contoh sejauh mata memandang terbentang pesisir, lautan dan mempunyai potensi dibawah laut, begitu juga alamnya yang sangat menarik dikunjungi oleh pengunjung.

Dengan berinovasi, menggali potensi desa tentu bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan Pendapatan Asli Desa. Ini sebagai upaya memandirikan desa dengan menggali potensi yang ada, saling mendukung dan bergotong royong.

Di Tanah Bumbu, contoh desa wisata yang kini berkembamg yaitu Wisata Pohon Vinus Desa Satui Timur, Desa Wisata Pantai Madani Desa Sungai Loban, Desa Wisata Irigasi Desa Irigasi Batulicin, Desa Wisata Pantai Tebing Desa Sungai Dua Laut, Desa Wisata Pulau Burung dan masih banyak lagi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyakat dan Desa, Samsir, Jumat (8/7/2022) kini meminta jajaran saat rapat internal untuk melakukan inovasi dengan mengembangkan Desa Wisata khususnya desa yang mempunyai potensi.

Sebab, diketahuinya banyak desa yang punya potensi namun belum dikembangkan. Ia berharap melalui Dana Desa, memberikan peluang kepada desa untuk menganggarkan kegiatan Desa Wisata.

” Bulan Juli ini dilaksanakan musdes, tentu desa yang mempunyai peluang untuk diusulkan saat musdes, peluang ini sangat menjanjikan, kita ingin kearifan lokal ditumbuh kembangkan supaya dapat menggerakkan ekonomi masyarakat serta dapat meningkatkan pendapatan desa, ” kata Samsir.

Selain itu, dalam rangka mewujudkan Desa menjadi Mandiri, dia berharap Musdes bulan juli ini, desa dapat mengusulkan kegiatan sarana dan prasarana desa wisata sebagai penunjang desa wisata.

” Usaha ekonomi masyarakat dapat kita angkat untuk mengantisipasi jika dana desa tidak ada lagi. Ada peluang lain yang bisa dimaksimalkan, ” katanya. (dat)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Diduga Gara-gara Pancis, Sebuah Pom Mini di Sungai Taib Kotabaru, Terbakar

Pom Mini Terbakar, Warga Sungai Taib Geger METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Warga tiba-tiba panik saat mrlihat…


Dishub dan Satlantas Polres Kotabaru, Sosialisasikan Aturan Tonase Yang Melintas

Dishub Kotabaru Bersama Satlantas Melakukan Sosialisasi Dan Pengambilan Sampel Kepada Pengemudi Angkutan Umum METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU…


Memeriahkan HUT TNI Ke -77 Pangkalan TNI AL Kotabaru Gelar Water Trappen

  METROKALSEL.CO.ID,KOTABARU – Dalam rangka memeriahkan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-77 Tahun 2022 yang…


Isu Rekrut Qori Dari Luar Daerah, Ini Tanggapan Kepala Kemenag Kotabaru

Kepala Kantor Kemenag Kotabaru, H Ahmad Kamal METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Penyelenggaraan MTQ Nasional ke 52…


Tak Kuat Menanjak, Truk Terbalik Timpa Ayah dan Anak Hingga Tewas di Kotabaru

Kecelakaan di Tanjakan Jalan Pulau Laut Sigam Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Diduga tak kuat menanjak,…