Kamis, 6 Oktober 2022
png_20220108_192606_0000

Musrenbangdes, Kadis PMD Tanbu : Desa Bisa Anggarkan Penanganan Bencana Alam di TA 2023

Rabu, 7 September 2022 07:44
IMG-20220618-WA0021
BANNER-ARCHIVE

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Cuaca buruk berpotensi menimbulkan bencana alam dengan merusak fasilitas sehingga perlu penanganan.

Adanya potensi bencana alam tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu, menyebutkan bisa mengalokasikan anggaran untuk bencana alam.

Pekan ini, musyawarah Perencanaan desa untuk membahas anggaran dana desa akan dilaksanakan dan ini menjadi attensi agar desa bisa mengalokasikan anggarannya untuk penanganan bencana alam.

Kepala Dinas PMD Tanah Bumbu, Samsir, ketika dihubungi melalui telpon selulernya, Selaa (6/9/2022) membenarkan bahwa pelaksanaan Musrenbangdes Tahun 2022 untuk Tahun Anggaran 2023 dilaksanakan mulai hari Senin kemarin.

Kegiatan Tahun Anggaran 2023 masih di fokuskan Penanggulangan Kemiskinan (BLT), Pengembangan Bumdes/Bumdesma, pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Bidang Peternakan, Perikanan dan Pertanian, pencegahan Stunting.

” Yang menarik terkait Penanggulangan Bencana Alam seperti banjir dan kebakaran, khususnya desa yang berpotensi rawan bencana alam dan non bencana Alam, bisa dianggarkan. Saya berharap agar masyarakat dapat mengikuti dan menyusun Program kegiatan skala Prioritas yang dibutuhkan masyarakat, ” kata Samsir.

Pelaksanaan Musyawarah Desa Tahun 2022 untuk TA 2023 sudah mulai dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Tahun 2023, kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan sebagai upaya menyerap aspirasi Masyarakat Bottom Up untuk kegiatan Prioritas.

Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa untuk Tahun anggaran 2023 difokuskan untuk pemulihan ekonomi Nasional yang selaras dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Tanahbumbu Priode 2021-2024 dengan Visi mewujudkan Tanahbumbu Maju, Mandiri, Unggul, Relegius dan Demokratis.

Lanjut Samsir, Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar mengharapkan agar musrenbangdes untuk tahun amggaran 2023, agar dapat diikuti dengan sebaik-baiknya.

Masyarakat bisa menyampaikan aspirasi masyarakat melalui Musyawarah Desa, sehingga apa yang kita cita-citakan dapat terwujud dalam memandirikan desa untuk mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Tanahbumbu.

” Ada sebanyak 144 desa yang melaksanakan musyarawarah perencanaan pembangunan desa untuk Tahun 2023 ini, agar dapat diikuti secara serius dengan menghasilkan Dokumen sesuai harapan masyarakat, sehingga dapat dilaksanakan di Tahun 2023,” katanya. (dat)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Diduga Gara-gara Pancis, Sebuah Pom Mini di Sungai Taib Kotabaru, Terbakar

Pom Mini Terbakar, Warga Sungai Taib Geger METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Warga tiba-tiba panik saat mrlihat…


Dishub dan Satlantas Polres Kotabaru, Sosialisasikan Aturan Tonase Yang Melintas

Dishub Kotabaru Bersama Satlantas Melakukan Sosialisasi Dan Pengambilan Sampel Kepada Pengemudi Angkutan Umum METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU…


Memeriahkan HUT TNI Ke -77 Pangkalan TNI AL Kotabaru Gelar Water Trappen

  METROKALSEL.CO.ID,KOTABARU – Dalam rangka memeriahkan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-77 Tahun 2022 yang…


Isu Rekrut Qori Dari Luar Daerah, Ini Tanggapan Kepala Kemenag Kotabaru

Kepala Kantor Kemenag Kotabaru, H Ahmad Kamal METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Penyelenggaraan MTQ Nasional ke 52…


Tak Kuat Menanjak, Truk Terbalik Timpa Ayah dan Anak Hingga Tewas di Kotabaru

Kecelakaan di Tanjakan Jalan Pulau Laut Sigam Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Diduga tak kuat menanjak,…