Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Maksimalkan Kerjasama, TIM PORA Tanbu Gelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasikan Aplikasi Cekal Online

Selasa, 24 Mei 2022 18:35
Rapat Koordinasinya TIM Pora di Hotel Ebony Batulicin (1)
BANNER-ARCHIVE

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Tim PORA Kabupaten Tanah Bumbu di Hotel Ebony Batulicin

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin menggelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Kabupaten Tanah Bumbu bertempat di Hotel Ebony Batulicin, Selasa (24/05/2022).

Rapat Koordinasi TIM PORA mengusung Tema Implementasi Aplikasi Cekal Online Yang disoasialisaikan kepada para anggota lainnya.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Junita Sitorus dalam sambutannya mengatakan Rapat TIM PORA yang diselenggarakan hari ini pada dasarnya tidak lain adalah pemenuhan amanat konstitusi negara yang dijabarkan oleh Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

“Untuk dapat menjawab persoalan Orang Asing yang berada di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin khususnya Kabupaten Tanah Bumbu sangat dibutuhkan koordinasi kerjasama antara lembaga, instansi pemerintah dan peran masyarakat. Masalah Orang Asing bukan hanya menjadi tugas Imigrasi saja akan tetapi masalah ini sudah menjadi tugas kita bersama untuk mencari solusi terbaik di dalam Pengawasan Orang Asing,” ungkap Junita.

Junita Sitorus yang menjadi Narasumber dalam rapat tersebut menyampaikan terkait dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 38 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pencegahan dan Penangkalan.

Sebab itu, ada Aplikasi Cekal Online yang merupakan suatu terobosan dari Direktorat Jenderal Imigrasi guna mempersingkat waktu dalam proses pencekalan, karena begitu seseorang dimasukan kedaftar cekal oleh pejabat yang berwenang dan disetujui, maka akan langsung tersebar ke Sistem Imigrasi di seluruh Indonesia tanpa harus melalui proses surat menyurat.

Direktorat Jenderal Imigrasi telah melaunching Aplikasi Cekal Online pada saat Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-72 Tahun 2022 dan diikuti oleh seluruh Satker Imigrasi se-Indonesia pada tanggal 27 Januari 2022, tutup Junita.

Kegiatan TIM PORA dibuka oleh Sekretaris Daerah, H Ambo Saka mewakili Bupati Tanah Bumbu. Ambo Saka menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi TIM PORA ini merupakan bentuk koordinasi agar dapat melaksanakan tugas pengawasan Orang Asing di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu secara optimal.

“Melalui Rapat Koordinasi ini, mari kuatkan TIM PORA Kabupaten Tanah Bumbu terutama penyamaan persepsi, menetapkan dan memantapkan rencana aksi operasi bersama,” lanjut Ambo Saka.

Sementara iru, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, I Gusti M Iberahim, menambahkan, rapat koordinasi ini untuk meningkatkan kerjasam dalam upaya pencegahan orang asing di wilayahnya.

” Ini adalah upaya sinergitas Tim PORA Tanah Bumbu, makanya kita gelar terus dan berdiskusi segala kendala untuk mencari solusinya,” tandasnya. (*)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa¬† METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…


Satlantas Polres Tanbu Berjasama Indocement Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas

Indocement dan Satlantas Polres Tanbu Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas untuk 3…


Kantor Imigrasi Batulicin Berkoordinasi Dengan Dandim 1022 Tanbu, Soal Kehadiran Orang Asing

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Kehadiran Orang Asing memang meningkatkan perekonomian dan investasi, namun demikian, tidak dapat…