Kamis, 6 Oktober 2022
png_20220108_192606_0000

Komisi II DPRD Tanbu Rapat Bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian

Selasa, 5 Juli 2022 21:00
IMG-20220711-WA0060
BANNER-ARCHIVE

Rapat Bersama Komisi II dan Dinas Ketahanan Pangan Tanah Bumbu

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Seringnya menerima keluhan masyarakat petani padi ketika kegiatan reses, Komisi II DPRD Tanah Bumbu (Tanbu) gelar rapat bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanah Bumbu.

Itu sebagai penjaringan aspirasi masyarakat yang mana keluhan tersebut disampaikan karena pada musim panen selalu sukses namun sangat sulit untuk pemasarannya.

Komisi II DPRD Tanah Bumbu duduk bersama bahas hasil panen masyarakat di kabupaten Tanah Bumbu dalam rapat kerja komisi, Senin (4/7/22).

Rapat yang digelar di ruang rapat kerja komisi II tersebut dipimpin langsung ketua komisi H Sayid Umar Al’idrus didampingi beberapa anggota komisi yaitu Harmanudin dan Abdul Rahim dan dihadiri Kepala Bidang Perkebunan yang diwakili Andrie J Tenggara beserta jajaran.

Melalui rapat kerja ini, Said Umar meminta bagaimana langkahnya untuk bisa memanfaatkan hasil panen masyarakat ditanah bumbu tersebut.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Perkebunan yang diwakili Andrie J Tenggara menjelaskan pada data statistik tercatat memiliki 10 komoditas perkebunan. Untuk komunitas unggulan, ada 3 yang tertiggi yaitu karet, kelapa Dalam dan Kelapa Biasa serta kelapa sawit.

Terkait materi rapat ini, membahas tentang bagaimana pola pembinaan kelompok tani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan.

Menurut Erwin dan beberapa keterangan dari yang membidangi dalam pembinaannya dibidang perkebunan kepada kelompok tani ataupun gabungan, sudah melakukan beberapa kali sosialisasi untuk APBD dua.

Adapun pembinaan dibidang penyuluhan ada beberapa bidang yang sudah dilaksanakan yaitu program sekolah lapang dan pembinaan regenerasi terhadap petani muda untuk peningkatan sdm serta sarana alat mesin pertanian – alsintan.

Dari paparan dinas di rapat ini, anggota komisi II Harmanudin menyampaikan apa yang diagendakan hari ini adalah untuk mendengarkan saran dari dinas dan dprd sebagai bahan jika diperlukan ketingkat provinsi hingga nasional.

Ketua Komisi II dalam tanggapannya, berharap kepada dinas ketahanan pangan dan pertanian kabupaten Tanah Bumbu bersama DPRD mendorong agar meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan dalam hal ini, DPRD memerlukan data lengkap terkait pertanian di tanah bumbu untuk semua komoditi dan sebagai bahan bagi dprd untuk memberikan dorongan dinas pertanian. (dat)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Diduga Gara-gara Pancis, Sebuah Pom Mini di Sungai Taib Kotabaru, Terbakar

Pom Mini Terbakar, Warga Sungai Taib Geger METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Warga tiba-tiba panik saat mrlihat…


Dishub dan Satlantas Polres Kotabaru, Sosialisasikan Aturan Tonase Yang Melintas

Dishub Kotabaru Bersama Satlantas Melakukan Sosialisasi Dan Pengambilan Sampel Kepada Pengemudi Angkutan Umum METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU…


Memeriahkan HUT TNI Ke -77 Pangkalan TNI AL Kotabaru Gelar Water Trappen

  METROKALSEL.CO.ID,KOTABARU – Dalam rangka memeriahkan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-77 Tahun 2022 yang…


Isu Rekrut Qori Dari Luar Daerah, Ini Tanggapan Kepala Kemenag Kotabaru

Kepala Kantor Kemenag Kotabaru, H Ahmad Kamal METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Penyelenggaraan MTQ Nasional ke 52…


Tak Kuat Menanjak, Truk Terbalik Timpa Ayah dan Anak Hingga Tewas di Kotabaru

Kecelakaan di Tanjakan Jalan Pulau Laut Sigam Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Diduga tak kuat menanjak,…