Kamis, 6 Oktober 2022
png_20220108_192606_0000

Karya Lukisan Mural di Pantai Pagatan, Diapresiasi Bupati Tanbu Zairullah Azhar

Senin, 28 Maret 2022 13:39
IMG-20220326-WA0112
BANNER-ARCHIVE

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar, mengapresiasi jalannya lomba mural yang dilaksanakan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu.

Terlebih lagi, ada banyak peserta luar daerah yang ikut di lomba melukis tembok tersebut. Hasilnya pun sangat indah dan patut diapresiasi.

” Ini sangat luar biasa, saya sangat mengapresiasi para peserta yang datang untuk meriahkan acara ini. Karena ternyata banyak peserta luar daerah, kalau tidak salah ada yang dari Mojokerto ya, luar biasa. Terimakasih atas partisipasinya, ” katanya.

Lukisan para peserta sangat indah dan ini menjadi keterampilan yang baik untuk menghiasi dinding agar tidak terlihat kumuh tetapi menjadi menarik untuk dilihat karena ada pesan didalamnya.

” Saya memberikan penghargaan setingi-tingginya kepada panitia Disperkimtan dan para peserta serta juri, ” katanya.

Sementara itu, Kadisperkimtan Tanbu, H Ansyari Firdaus, lomba menghias tembok ini diikuti sebanyak 17 kelompok pelukis. Sebagian besar dari luar daerah, baik kabupaten maupun provinsi.

“Selain mengikuti lomba para peserta juga dapat menikmati objek wisata yang ada di Bumi Bersujud ini,” imbuhnya.

Senada, Panitia Pelaksana Lomba Doni Falentino Akbar berharap event lomba lukis mural ini menambah keindahan Kota Pagatan. Membentuk karakter kita bersejarah itu dan mampu menjadi magnet menarik warga luar daerah untuk datang ke Tanah Bumbu.

“Oleh sebab itu, harus diabadikan dengan berbagai karya lukis sehingga memberikan arti yang positif dan relegius untuk menuju Serambi Madinah,” pungkasnya.

Dalam lomba mural ini sudah ditentukan aturan mainnya. Yakni kategori lomba gambar mural dwimatra (2 dimensi) dan Trimatra (3 dimensi).

“Peserta lomba individu per tim maksimal 3 orang. Waktu dibatasi 5 jam per mural,” lanjutnya.

Untuk tema yang diusung seribu cahaya dalam keberagaman, meliputi makna hubungan kasih sayang antar sesama manusia dan dengan alam. Baik hewan maupun tumbuhan.

“Paling penting mural wajib hasil original dan memiliki komponen objek gambar 80 persen dan tulisan imbauan 20 persen,” cetusnya.

Disamping itu mural tak boleh mengandung dan menyinggung SARA, isu, logo dan tokoh politik.

“Unsur penilaian maksimal originalitas 30 poin, kesesuaian tema 40 dan kedalaman ekspresi dalam penyampaian makna gambar 30 poin. Totalitas 100 poin,” pungkasnya.

Terdata, peserta yang hadir ada yang dari Surabaya Jatim 2 orang, Balikpapan, Kaltim 2 orang, Banjarbaru 4 orang, Martapura 4 orang, Kaltara 1 orang, Pelaihari 6 orang,Tanah Bumbu 4 orang, Tapin 1 orang dan Banjarmasin 3 pelukis.

” Kami bersyukur, kegiatan ini berjalan lancar dan menghasilkannjuara-juara uang hasilnya telah dinilai juri. Kedepan, kita akan adakan lomba ini lagi, ” katanya. (dat/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Diduga Gara-gara Pancis, Sebuah Pom Mini di Sungai Taib Kotabaru, Terbakar

Pom Mini Terbakar, Warga Sungai Taib Geger METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Warga tiba-tiba panik saat mrlihat…


Dishub dan Satlantas Polres Kotabaru, Sosialisasikan Aturan Tonase Yang Melintas

Dishub Kotabaru Bersama Satlantas Melakukan Sosialisasi Dan Pengambilan Sampel Kepada Pengemudi Angkutan Umum METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU…


Memeriahkan HUT TNI Ke -77 Pangkalan TNI AL Kotabaru Gelar Water Trappen

  METROKALSEL.CO.ID,KOTABARU – Dalam rangka memeriahkan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-77 Tahun 2022 yang…


Isu Rekrut Qori Dari Luar Daerah, Ini Tanggapan Kepala Kemenag Kotabaru

Kepala Kantor Kemenag Kotabaru, H Ahmad Kamal METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Penyelenggaraan MTQ Nasional ke 52…


Tak Kuat Menanjak, Truk Terbalik Timpa Ayah dan Anak Hingga Tewas di Kotabaru

Kecelakaan di Tanjakan Jalan Pulau Laut Sigam Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Diduga tak kuat menanjak,…