Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Kadis PMD Tinjau Langsung Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan di Tanbu

Kamis, 24 Maret 2022 06:29
IMG-20220323-WA0055
BANNER-ARCHIVE

Karta Buana dan Mustika Disambangi Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Tim Penilai Kabupaten Tanah Bumbu, terjun ke lapangan untuk melakukan penilaian evaluasi perkembangan desa ke Karta Buwana, Kecamatan Sungai Loban dan Mustika, Kecamatan Kuranji, Rabu (23/3/2022).

Kehadiran tim penilai dalam rangka pelaksanaan Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu, Samsir, yang tirun langsung memantau jalannya lomba desa mengatakan lomba digelar sesuai amanat Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Tema yang diusung, yakni Desa dan Kelurahan Tangguh, Ekonomi masyarakat Tumbuh.

“Hari sudah memasuki hari ke-3 dan setiap harinya ada 2 kecamatan yang dikunjungi Tim Penilaian Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten,” ungkapnya.

Samsir mengatakan, dirinya terjun langsung ke lapangan selaku ketua tim penilai.

“Tujuan lomba ini mendorong kompetisi positif dan sportif pemerintah desa dan kelurahan,” ucapnya membacakan sambutan Bupati Zairullah Azhar.

Masih mengutil sambutan Bupati, ia mengatakan kegiatan ini juga untuk meningkatkan motivasi serta melakukan inovasi dalam menyelenggarakan pemerintahan desa dan kelurahan.

“Kemudian mengevaluasi serta menilai tugas pokok dan fungsi pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan,” sambungnya.

Sehingga mengetahui capaian desa dan kelurahan selama waktu satu tahun untuk mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat di Desa dan Kelurahan.

Ia juga menyebutkan, pemerintah pusat dan daerah mengapresiasi melalui penghargaan kepada pemerintah desa dan kelurahan. “Atas prestasi yang dicapai dalam mewujudkan kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan di desa dan kelurahan,” tukasnya.

Lebih penting Desa dan Kelurahan mampu menggali potensi melalui pengembangan ekonomi, meningkatkan partisipasi masyarakat dan memberdayakan lembaga ketahanan desa dan kelurahan sesuai regulasi yang sudah ada.

“Untuk 2 desa yang dinilai tim kabupaten hari ini semuanya cukup baik dari segi adminitrasi maupun implementasinya,” tandasnya.

Ia mengatakan keputusan pemenang diserahkan kepada Tim Penilai Kabupaten. Nantinya mewakili perlombaan desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Rencananya akan dijadwalkan penilaian untuk Kecamatan Kusan Hilir (Kelurahan Kota Pagatan-Desa Rantau Panjang Hilir) dan Kecamatan Simpang Empat (Kelurahan Kampung Baru-Mekarsari).

Kemudian Kecamatan Batulicin (Kelurahan Batulicin-Desa Kersik Putih), Kecamatan Angsana (Desa Banjarsari) dan Kecamatan Satui (Desa Sungai Cuka). (hkm/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa¬† METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…


Satlantas Polres Tanbu Berjasama Indocement Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas

Indocement dan Satlantas Polres Tanbu Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas untuk 3…


Kantor Imigrasi Batulicin Berkoordinasi Dengan Dandim 1022 Tanbu, Soal Kehadiran Orang Asing

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Kehadiran Orang Asing memang meningkatkan perekonomian dan investasi, namun demikian, tidak dapat…


Guru Besar IPB, Prof Rokhim Dahuri Titip Pesan Hadapi Tantangan Pendidikan Tinggi di Dies Natalis ULM

METROKALSEL.CO.ID, BANJARBARU – Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University, Prof Dr Ir…