Kamis, 29 September 2022
png_20220108_192606_0000

Kadis PMD Hadiri Bimtek BPD Kecamatan Mantewe, Sebut BPD Harus Paham Aturan

Jumat, 24 Desember 2021 12:57
IMG-20211223-WA0072
BANNER-ARCHIVE

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Tanah Bumbu, terus dilaksanakan.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas bagi Anggota BPD kali ini untuk Kecamatan Mantewe yang dilaksanakan di aula Kecamatan Mantewe. Kegiatan itu, dihadiri langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu.

Kadis PMD Samsir, SE.,M.AP, mengatakan kegiatan ini diapresiasi karena BPD harus tahu tugas dan fungsinya di desa.

Menurutnya, anggota BPD sebagai mitra kerja harus mampu bersinergi dengan Pemerintah Desa karena keberadaan Anggota BPD sangat penting. Di antara tugas fungsinya menggali aspirasi, menampung aspirasi masyarakat, melaksanakan Musyawarah desa, membuat regulasi bersama-sama Pemerintah Desa serta membentuk panitia pilkades.

” Jadi anggota BPD diharapkan dengan adanya Bimtek ini agar dapat dimanfaatkan dengan sebenar-benarnya, setidaknya memahami tugas, khususnya pada saat perencanaan Desa dalam menentukan program kegiatan yang setiap tahun, ” kata Samsir

Tentunya, pihak BPD harus paham aturan dapat meminimalisir permasalahan di desa khususnya terkait Dana Desa yang sangat riskan.

” Jangan sampai tidak tahu aturan akhirnya bermasalah tentu kita semua tidak menginginkan ini terjadi, sekarang saatnya kita bersama-sama memajukan Desa dengan semangat kebersamaan dalam membangun Desa, ” katanya.

Camat Mantewe Nyariman, sangat berterima kasih sekali atas kehadiran kepala dinas PMD dan pejabatnya dan memberikan arahan.

” Kami bersyukur beliau bisa hadir karena dengan Bimtek ini sangat penting. Bagi Anggota BPD untuk diketahui dan dipahami tugas dan fungsinya di desa, terkhusus juga kami ucapkan kepada Narasumber dari Pendamping Kecamatan, dan Kabid PMLK Dinas PMD Amirullah, ” tandasnya. (dat/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Warga Binaan Lapas Kotabaru Yang Buta Huruf, Diajari Membaca dan Berhitung

Sebanyak 30 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Ikut Belajar Mandiri Mengenal Haruf dan…


Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana METROKALSEL.CO.ID,…


Tim Tikim Imigrasi Batulicin Turun ke Desa-Desa Sampaikan Informasi MPaspor

(Istimewa) Sosialisasi MPaspor ke Desa-desa di Kabupaten Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Kantor Imigrasi Kelas II…


Bupati Bersama Kapolres dan Dandim Tanbu, Tinjau Langsung Jalan Nasional Yang Longsor

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar bersama Kapolres AKBP Tri Hambodo…


Seorang Pekerja Pembangunan Masjid di Kotabaru, Ditemukan Tergeletak di Dalam WC

Pekerjaan Harian Lepas Pembangunan Masjid, Meninggal Setelah Terjatuh Dari WC METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Seorang pekerja…