Kamis, 29 September 2022
png_20220108_192606_0000

Hore! Instalasi TUM Terlengkap Segera Dibangun di Tanah Bumbu

Kamis, 19 Mei 2022 19:43
IMG-20220519-WA0036
BANNER-ARCHIVE

Ilustrasi Instalasi TUM 

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu ( Tanbu) melakukan kunjungan kerja ke Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian (PPSDK) di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, belum lama ini.

Kepala Dinas KUMP2 Tanbu, H Deny Haryanto mengatakan kunker tersebut dalam rangka menindaklanjuti hasil pertemuan pada Acara Halal Bilhalal Bupati HM Zairullah Azhar ke Dinas KUMP2 baru-baru tadi.

“Kunjungan resmi ke Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian (PPSDK) tersebut untuk melihat secara jelas bentuk bangunan instalasi Tangki Ukur Mobil (TUM) yang standart,” kata H Deny, Kamis (19/5/2022).

Menurutnya, kunker tersebut dimaksudkan untuk segera melengkapi persyaratan Unit Metrologi Legal Tanah Bumbu dalam melayani permintaan Tera TUM oleh para pengusaha yang bergerak dalam Angkutan BBM.

“Bangunan di Tanbu ini akan menjadi bangunan instalasi terlengkap di Kalimantan Selatan dengan kapasitas pengujian sampai 25.000 Liter,” ucapnya.

Ia berharap dan sangat optimis dengan terbangunnya Instalasi TUM ini maka Dinas KUMP2 selaku Dinas yang mengemban urusan Kemetrologian mampu menyumbang PAD yang melampaui target tahunan yang telah ditetapkan Pemkab Tanbu.

Semetara itu, menurut H Deny, unik pelaksanaan Tera TUM sudah bisa dilaksanakan sendiri di tahun 2023 sehingga juga akan berpengaruh terhadap peningkatan PAD yg signifikan dari sumber Kemetrologian.

“Dengan meningkatkan pelayanan pada para pengusaha pengguna UTTP maka PAD Tanah Bumbu melalui retribusi kemetrologian juga akan meningkat,” sebutnya.

Dalam kunjungan ke PPSDK tersebut Kepala Dinas KUMP2 diperlihatkan beberapa peralatan instalasi lainnya yanh juga dapat menambah peluang PAD dari urusan kemetrologian, seperti Instalasi Pengujian Tera Meter Air PDAM sekala Rumah Tangga bukan Industri besar (pabrikan), dan juga Instalasi Pengujian Meter Listrik untuk pelanggan Listrik PLN yang semua peluang itu akan dilakukan secara bertahap dalam waktu segera.

Adapun pelaksanaan Tera/Tera Ulang di Tanah Bumbu adalah bentuk dari peran Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas KUMP2 dalam mengemban Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 08 tahun 1999, serta untuk menjadikan ” Kabupaten Tertib Transaksi ” bagi para pelaku usaha sejalan dengan Program Bupati Zairullah Azhar yakni Kabupaten Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah. (ril)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Jhonlin Group Umrohkan 870 Warga Tanah Bumbu

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Jhonlin Group memberangkatkan 870 warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, untuk laksanakan ibadah…


Warga Binaan Lapas Kotabaru Yang Buta Huruf, Diajari Membaca dan Berhitung

Sebanyak 30 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Ikut Belajar Mandiri Mengenal Haruf dan…


Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana METROKALSEL.CO.ID,…


Tim Tikim Imigrasi Batulicin Turun ke Desa-Desa Sampaikan Informasi MPaspor

(Istimewa) Sosialisasi MPaspor ke Desa-desa di Kabupaten Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Kantor Imigrasi Kelas II…


Bupati Bersama Kapolres dan Dandim Tanbu, Tinjau Langsung Jalan Nasional Yang Longsor

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar bersama Kapolres AKBP Tri Hambodo…