Kamis, 29 September 2022
png_20220108_192606_0000

Dispersip Tanbu Gelar Rakor Persiapan Akuisisi Arsip Statis Pada Kecamatan Dan Kelurahan

Kamis, 17 Maret 2022 08:53
IMG-20220319-WA0021
BANNER-ARCHIVE

Dispersip Tanbu Gelar Rakor Persiapan Akuisisi Arsip Statis Pada Kecamatan Dan Kelurahan

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan kegiatan rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka persiapan kegiatan akuisisi arsip statis pada Kecamatan Dan Kelurahan yang bertempat dikantor Dispersip, Selasa (15/3/2022).

Kegiatan rakor tersebut dalam rangka penambahan khasanah arsip lembaga kearsipan daerah (LKD) untuk melakukan kegiatan akuisisi arsip statis.

Akuisisi arsip statis sesuai dengan tujuannya yakni tidak hanya sekedar penyerahan dan penerimaan arsip statisnya saja, akan tetapi harus ada persiapan yang matang untuk pengelolaan selanjutnya agar fisik arsip maupun informasi yang terkandung didalamnya benar-benar terselamatkan dan berguna.

Kegiatan rakor ini menghadirkan pejabat beserta petugas pengelola arsip pada kecamatan dan kelurahan dilingkungan yang ada di Tanah Bumbu.

Plt Kepala Dinas Perpustaakan dan Kearsipan Tanah Bumbu melalui Kabid Kearsipan Hj Noryana, S.Sos saat membuka rapat koordinasi mengatakan,bahwa pelaksanaan akuisisi arsip statis pada kecamatan dan kelurahan. Ini dalam rangka untuk menjamin keselamatan arsip sebagai pertanggung jawaban nasional bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara perlu dilakukan penambahan khasanah arsip statis pada lembaga kearsipan melalui kegiatan akuisisi arsip statis.

“Lembaga kearsipan harus melaksanakan akuisisi arsip statis sesuai amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan, bahwa arsip statis sebagai bukti pertanggung jawaban nasional bagi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara perlu dijamin keselamatannya secara fisik dan informasinya hingga tidak mengalami kerusakan atau hilang, ” jelas Hj Noryana.

Sebab itu, melalui kegiatan ini peserta diberikan arahan tentang tekhnis persiapan akuisisi arsip statis yang disampaikan oleh Arsiparis ahli Pertama tentang strategi akuisisi arsip statis yang merupakan koordinasi aktivitas berbagai tahapan dalam pelaksanaan akuisisi arsip agar memperoleh arsip statis dari pencipta arsip sehingga dapat menambah khazanah arsip statis dilembaga kearsipan.

Kegiatan akuisisi arsip ini secara teknis rencananya akan dilakukan oleh tim dari LKD yang turun langsung untuk mengakuisisi arsip statis kecamatan dan kelurahan. (iwn/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Jhonlin Group Umrohkan 870 Warga Tanah Bumbu

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Jhonlin Group memberangkatkan 870 warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, untuk laksanakan ibadah…


Warga Binaan Lapas Kotabaru Yang Buta Huruf, Diajari Membaca dan Berhitung

Sebanyak 30 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Ikut Belajar Mandiri Mengenal Haruf dan…


Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana METROKALSEL.CO.ID,…


Tim Tikim Imigrasi Batulicin Turun ke Desa-Desa Sampaikan Informasi MPaspor

(Istimewa) Sosialisasi MPaspor ke Desa-desa di Kabupaten Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Kantor Imigrasi Kelas II…


Bupati Bersama Kapolres dan Dandim Tanbu, Tinjau Langsung Jalan Nasional Yang Longsor

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar bersama Kapolres AKBP Tri Hambodo…