Kamis, 29 September 2022
png_20220108_192606_0000

Dispersip Kalsel Kunjungi Tanbu Untuk Kegiatan Jaringan Informasi Kearsipan

Rabu, 15 Juni 2022 14:50
IMG-20220615-WA0039
BANNER-ARCHIVE

Dispersip Tanbu Terima Kunjungan Tim Dispersip Kalsel Terkait 

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu menerima kedatangan tim dari Dispersip Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (14/06/22) di Batulicin.

Tim dari Dispersip Provinsi Kalsel dipimpin oleh Kabid Pembinaan dan Pelayanan Kearsipan Dra. Chozanatun Nisa didampingi oleh tim teknis yaitu Muamar, aSH selaku Arsiparis Ahli Muda.

Kedatangan tim dari Provinsi disambut oleh Kabid Kearsipan Hj. Noryana yang mewakili kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanbu, Yulia Rahmadani.

Kabid Pembinaan dan Pelayanan Kearsipan Dra. Chozanatun Nisa, mengatakan maksud dan tujuan kedatangan tim dari Dispersip Prov. Kalsel ini terkait koordinasi untuk lebih mengaktifkan simpul Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) yang ada di Kalimantan Selatan.

“Kedatangan tim kami dari provinsi adalah untuk menyampaikan bahwa saat ini provinsi telah ditunjuk sebagai salah satu pilot project lomba JIKN, oleh karena kami ingin mengaktifkan JIKN yg ada di Kalimantan Selatan”, sebut Dra. Chozanatun Nisa.

Dikatakannya, untuk dapat mengikuti lomba tersebut, Pemerintah Kabupaten/Kota disyaratkan dapat mengupload koleksi arsip statisnya ke SIKN paling tidak sebanyak 500 arsip.

Sementara itu, Kepala Dispersip Tanbu, Yulia Rahmadani melalui Kabid Kearsipan Hj. Noryana, menyambut baik berkenaan dengan kedatangan Tim dari Dispersip Provinsi Kalsel.

Menurut Hj. Noryana, Tanah Bumbu saat ini masih proses belajar mendalami tentang SIKN dan JIKN, karena beberapa kali percobaan upload mengalami kendala gangguan server.

Saat ini, sambungnya untuk koleksi arsip statis yang nantinya akan diupload ke SIKN sudah memiliki daftar arsip statis dan ditahun ini juga sedang melaksanakan kegiatan akuisisi arsip statis pada Kecamatan, yang mana dari kegiatan akuisisi tersebut akan menambah koleksi arsip statis yang sudah ada, dan itu juga bisa dijadikan bahan untuk diupload ke SIKN.

Kesempatan kunjungan ini dimanfaat sebaik mungkin oleh Dispersip Kab.Tanah Bumbu dengan banyak berdialog dan sharing tentang SIKN / JIKN kedepannya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktik dan percobaan mengakses dan mengupload beberapa arsip statis Dispersip Kab. Tanah Bumbu yang dipandu oleh tim Dispersip Prov. Kalsel Muamar, SH dengan melakukan Uji coba melalui akun latihan mengingat masih terkendala adanya ganggungan server SIKN / JIKN dari pusat karena adanya peralihan server lama ke server baru.

“Mudah-mudahan dalam satu minggu ini sudah bisa aktif,” jelas Kabid Kearsipan Provinsi Dra. Chozatun Nisa. (dat)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Pencarian Hari Ketiga, Tim SAR Gabungan Temukan Satu Korban Tertimbun Longsor

METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Hari ke tiga, Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan satu orang dari…


Jhonlin Group Umrohkan 870 Warga Tanah Bumbu

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Jhonlin Group memberangkatkan 870 warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, untuk laksanakan ibadah…


Warga Binaan Lapas Kotabaru Yang Buta Huruf, Diajari Membaca dan Berhitung

Sebanyak 30 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Ikut Belajar Mandiri Mengenal Haruf dan…


Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana METROKALSEL.CO.ID,…


Tim Tikim Imigrasi Batulicin Turun ke Desa-Desa Sampaikan Informasi MPaspor

(Istimewa) Sosialisasi MPaspor ke Desa-desa di Kabupaten Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Kantor Imigrasi Kelas II…