Selasa, 18 Januari 2022
png_20220108_192606_0000

Dinas PMD Tanbu Gelar Pelatihan Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum

Kamis, 2 Desember 2021 07:40
IMG-20211202-WA0028
BANNER-ARCHIVE

 Pelatihan Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum di Aula Kapet Simpang Empat Tanah Bumbu

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu ( Tanbu) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar pelatihan bagi Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (KP-SPAM).

Pelatihan dibuka Kepala Dinas PMD Tanbu diwakili Kasi Pembangunan Desa Alifin, Rabu (1/12/2021) bertempat di Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat.

Narasumber pelatihan yakni Ketua Asosiasi SPAM Tanah Bumbu Gunadi yang juga menjabat Ketua KP SPAM Tirto Langgeng Desa Purwodadi Kecamatan Angsana Kab. Tanah Bumbu.

Dipilihnya KP SPAM Tirto Langgeng Desa Purwodadi karena berhasil mengelola SPAM dengan capaian 100 persen air bersih dan sanitasi sehingga menerima penghargaan dari Kementerian PUPR.

Gunadi menjelaskan Pamsimas di Desa Purwodadi dimulai tahun 2009.

“Tahun 2009 Pamsimas masuk ke desa Purwodadi dan telah banyak membantu warga serta memberikan nilai lebih terhadap perekonomian warga terutama dalam mengatasi persoalan air bersih,” ucapnya.

Untuk pengelolaan sarana air bersih maka dibentuklah BPSPAM yang sekarang berganti nama menjadi KP-SPAM dengan nama Tirto Langgeng Desa Purwodadi.

Selanjutnya, pada tahun 2012 Desa Purwodadi menerima Hibah Insentif Desa (HID) yang diberikan oleh program Pamsimas kepada desa pasca konstruksi yang dinilai memiliki kinerja pengelolaan SPAM yang baik.

Perjuangan para pengelola untuk meningkatkan kualitas dan jumlah layanan terus dilakukan. Pada tahun 2012 BPSPAM berkolaborasi mendapatkan dukungan untuk air minum melalui dana desa untuk menambah perpipaan dan dukungan dari program PNPM yang diterima dialokasikan untuk pengembangan air minum yang dikoneksikan dengan sistem yang dibangun oleh Pamsimas.

Dikatakan Gunadi, sejak dibentuk sampai sekarang (kurang lebih 8 tahun) KPSPAMS Tirto Langgeng selalu membenahi diri agar konsumen atau pengguna dapat bertahan dan menambah jumlah pengguna baru.

“Adapun jumlah pengguna ada 610 KK atau lebih dari 2.000 jiwa yang melayani 16 RT. Pipa distribusi yang ada juga telah melewati seluruh rumah warga, sehingga bisa dikatakan sudah hampir 100% warga Purwodadi telah terlayani akses air minum yang ditargetkan 2018 akses 100 persen,” sebut Gunadi.

Ia menambahkan, ditunjang dengan kuaitas dan kuantitas air Pamsimas yang baik mampu bertahan bahkan dimusim kemarau yang panjang, membuat KP SPAMS Tirto Langgeng dapat maksimal memenuhi kebutuhan warga Purwodadi. Dan dengan jumlah pengguna yang cukup banyak menjadikan tarif yang dibebankan kepada pengguna relatif kecil, namun KP SPAMS mampu mengumpulkan dana atau laba yang mereka alokasikan untuk pengembangan.

Bahkan tahun 2015 sebesar Rp.32 Juta dari keuntungan mereka digunakan untuk pengembangan yaitu pembangunan menara di RT 1.

Karena kapasitas sumber air dan jarak dari beberapa RT maka sistem yang dibangun mencapai 8 sistem yang dikelola oleh masing-masing unit pengelola sistem tersebut.

Kemudian setiap bulan masing-masing pengelola sistem akan menyerahkan ke bendahara KP SPAMS untuk direkapitulasi iuran yang terkumpul serta merealisasikan rencana yang telah disusun KP SPAMS.

Ia juga menjelaskan semua sambungan telah menggunakan meteran air sehingga memudahkan pengelola untuk menghitung penggunaan air yang telah dimanfaatkan oleh pengguna.

Dengan beban Rp.5.000/SR dan tarif perkubik sebesar Rp.3.000, dan jumlah SR 603, pendapatan bersih tiap bulan rata-rata Rp.4.500.000.

Ketentuan lain yang dibuat oleh pengelola KPSPAMS juga membantu sarana ibadah dengan total 15 sambungan tanpa biaya atau gratis, sarana pendidikan TK PAUD sambungan gratis, 1 unit sekolah dasar dengan pembayaran 50 persen dari penggunaan, dan KK miskin.

Terkait perekonomian warga, keberadaan KP-SPAMS juga banyak membantu usaha warga, salah satunya yakni Bapak Pardi pengusaha tempe yang sukses di Desa Purwodadi.

“Selain kebutuhan sehari-hari, juga untuk kebutuhan usaha warga. Keberadaan Pamsimas juga ikut mendukung Desa Purwodadi menjadi juara nasional kebun rakyat dan pemanfaatan lahan pekarangan pada tahun 2014,” kata Gunadi.

Dan yang tidak kalah membanggakan dengan masuknya Pamsimas serta dibantu oleh beberapa pihak termasuk dari Dinas Kesehatan telah banyak membawa perubahan prilaku hidup sehat.

Tahun 2016 Desa Purwodadi telah dinyatakan bebas BABS dan ODF.

Sementara itu, Kepala DPMD Tanbu, melalui Kasi Pembangunan Desa Alifin, mengatakan pelatihan KP-SPAM penting dilaksanakan dalam rangka menunjang keberlanjutan ketersediaan air minum dan sanitasi bagi masyarakat.

Kepada peserta diharapkan mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh agar pengelolaan KP-SPAMS di Tanbu berjalan dengan baik.

Peserta pelatihan yakni Camat dan, KP SPAM sebanyak 86 kelompok. Sedangkan narasumber yakni Ketua Asosiasi SPAM Tanbu, Fasilitator Pamsimas, dan Tenaga Ahli Pemberdayaan Desa Tanah Bumbu.

Sedangkan materi yang disampaikan yaitu manajemen keuangan dan pengelolaan aset. (ril/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Februari, Pemkab Tanbu Akan Resmikan Kantor Rumah Kemasan

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, kini miliki rumah kemasan yang telah selesai dibangun….


Gelar Raker, Semua SKPD Pemkab Tanbu Ekspose Rencana Kerja

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Satuan Kerja Perangkat…


DPRD Tanbu Sampaikan Dua Raperda Inisiatif Tentang Jalan Khusus dan Pengelolaan Alur Sungai

Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu, Agoes Rahmady Saat Membacakan Raperda Inisiatif Dewan Metrokalsel.co.id, Batulicin –…


Bupati Kotabaru, Sidak Lagi ke SKPD Cek Kartu Vaksin Pegawai

Pemerintah Kabupaten Kotabaru Lakukan Sidak Lanjutan Kedua Kartu Vaksin. Metrokalsel.co.id, KOTABARU – Bupati kotabaru H…


Pemkab Tanbu Kembali Usulkan Pemekaran 3 Kecamatan, Ini Lokasinya

Kantor Bupati Tanah Bumbu, Yang Beralamat di Jalan Dharma Praja Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin Metrokalsel.co.id,…