Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Dinas KUMP2 Tanbu, Gelar Pertemuan Dengan Pemilik Pasar Modern dan UMKM

Jumat, 25 Februari 2022 07:28
IMG-20220218-WA0002-768x346
BANNER-ARCHIVE

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (KUMP2) Tanah Bumbu, gelar pertemuan dengan pihak pasar modern di Bumi Bersujud ini.

Pertemuan tersebut agar pelaku UMKM di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) punya tempat untuk menampilkan produk lokal di pasar-pasar modern.

Kepala Dinas KUMP2 Tanbu, H Deny Harianto, saat dikonfirmasi pada Sabtu (19/2/2022) mengatakan pihaknya telah melaksanakan kegiatan dalam rangka memfasilitasi para UKM di Tanahbumbu.

Tentunya unu untuk memperluas jaringan pemasaran hasil produknya dan juga untuk meningkatkan daya saing produk lokal dalam kancah pasar global yang sudah semakin ketat.

” Selama ini, kita lihat produk luar kabupaten sudah sangat mendominasi sebagian besar perdagangan di Tanah Bumbu. Seharusnya kita sebagai tuan rumah yang mendominasi, ” katanya.

Disebutkannya, pada pertemuan yang digelar nelum lama tadi dihadiri oleh perwakilan Bagian Ekonomi dan SDA Setda Tanbu serta menghadirkan 24 pelaku UKM dengan menampilkan lebih dari 50 jenis hasil produk baik kering maupun basah.

Menurut H Deny dari hasil analisa produk yang ditampilkan oleh para pelaku UKM, sebanyak lebih dari 15 varian produk sudah mencapai nilai yang bisa dikerjasamakan pemasarannya melalui Indomaret.

Sedangkan produk yang lainnya masih harus dilakukan pembinaan untuk pemenuhan standar persyaratan seperti, masih ada yg belum mencantumkan berat (gramasi) dan masa ekonomis barang pada kemasan.

“Seharusnya sesuai dengan peraturan Barang Dalam Keadaan Terbungkus ( BDKT) diwajibkan untuk mencantumkan berat dan juga tanggal kedaluarsa produk tersebut,” ucapnya.

Terkait itu, secara bertahap pihaknya akan membina para pelaku UKM untuk memenuhi persyaratan dimaksud, agar sesegera mungkin produk mereka bisa mendapatkan tempat pemasaran di toko modern.

Deny juga menyatakan bahwa ajang pertemuan seperti ini akan terus berlanjut, sehingga jaringan pemasaran produk UKM Tanah Bumbu semakin luas. Terlebih lagi saat ini sedang proses persiapan peresmian Runah Kemasan Tanbum

Terkait pertemuan tersebut, disebutkan Deny dari pihak Manajemen Indomaret yang dipimpin oleh Deputi Branch Manager, Bambang Purwanto, saat itu menyampaikan bahwa Indomaret sangat terbuka untuk bekerjasama dengan para UKM di Tanahbumbu dalam hal pemasaran hasil produk UKM di gerai- gerai Indomaret dengan sistem pembayaran yang sesuai kesepakatan dan tidak memberatkan pihak UKM.

” Asal memenuhi syarat, pihak pasar modern itu siap memfasilitasi. Makanya sekarang kita lakukan pembinaan, ” katanya.(dat/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Purna Paskibraka Indonesia Kotabaru, Gelar Rapat Persiapan Lomba PBB

PPI Kotabaru Gelar Rapat Persiapan Lomba PPB METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Purna paskibraka Indonesia (PPI) kabupaten…


Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok, Punya Pemimpin Baru

Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok ke VIII METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Orari lokal kabupaten Kotabaru melaksanakan…


Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa  METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…