Kamis, 6 Oktober 2022
png_20220108_192606_0000

Desa Maju Makmur Batulicin Tanbu,Miliki Dapur Sehat Atasi Stunting

Rabu, 15 Juni 2022 15:21
IMG-20220614-WA0037
BANNER-ARCHIVE

 

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) meluncurkan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT), di Kampung KB Maju Makmur Batulicin, Selasa (14/06/2022).

DASHAT ini adalah program yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan dilaksanakan di seluruh willayah Indonesia dengan menggandeng unit kerja terkait di daerah.

Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Andi Aminuddin menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah, menyambut baik dan sangat mengapresiasi peluncuran DASHAT di desa itu.

Karena menurutnya, program DASHAT sangat strategis untuk mencegah dan mengatasi stunting melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat, dalam pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting, yakni keluarga yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta/balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu.

Program DASHAT itu sendiri merupakan tindaklanjut dari arahan Bapak Presiden Jokowi, terkait dengan percepatan pengentasan stunting, dengan target harus berada di angka 14 persen pada tahun 2024.

“Waktu tinggal kurang lebih hanya 2 tahun lagi, sehingga kita harus bekerja keras dan cepat dalam rangka mencegah stunting pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan sampai anak berumur 2 tahun dengan memberikan asupan gizi yang seimbang,” sebutnya.

Sebab itu, pemerintah daerah berharap dengan adanya Program DASHAT ini, dapat terpenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan belita. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya kasus stunting di Kabupaten Tanah Bumbu,

“Tentunya kami juga berharap, Kampung KB Maju Makmur Batulicin bisa menjadi contoh bagi Desa/Kelurahan lainnya dalam menjalankan program DASHAT ini, sebagai upaya mengatasi dan mencegah stunting di Kabupaten Tanah Bumbu,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas P3AP2KB, Narni, Camat Batulicin, Suryadi beserta unsur Muspika, para kepala desa dan TP PKK desa se Kecamatan Batulicin, serta Narasumber kegiatan dari Kemendagri dan BRIN. (ril)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Diduga Gara-gara Pancis, Sebuah Pom Mini di Sungai Taib Kotabaru, Terbakar

Pom Mini Terbakar, Warga Sungai Taib Geger METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Warga tiba-tiba panik saat mrlihat…


Dishub dan Satlantas Polres Kotabaru, Sosialisasikan Aturan Tonase Yang Melintas

Dishub Kotabaru Bersama Satlantas Melakukan Sosialisasi Dan Pengambilan Sampel Kepada Pengemudi Angkutan Umum METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU…


Memeriahkan HUT TNI Ke -77 Pangkalan TNI AL Kotabaru Gelar Water Trappen

  METROKALSEL.CO.ID,KOTABARU – Dalam rangka memeriahkan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-77 Tahun 2022 yang…


Isu Rekrut Qori Dari Luar Daerah, Ini Tanggapan Kepala Kemenag Kotabaru

Kepala Kantor Kemenag Kotabaru, H Ahmad Kamal METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Penyelenggaraan MTQ Nasional ke 52…


Tak Kuat Menanjak, Truk Terbalik Timpa Ayah dan Anak Hingga Tewas di Kotabaru

Kecelakaan di Tanjakan Jalan Pulau Laut Sigam Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Diduga tak kuat menanjak,…