Sabtu, 10 Desember 2022
265297_09142509022021_JMSI_2 (2)

Bupati Berikan Pandangan Terhadap 2 Raperda Inisiatif Dewan di Sidang Paripurna

Rabu, 19 Januari 2022 21:25
IMG-20220118-WA0015
BANNER-ARCHIVE

Wakil Ketua DPRD Tanbu Said Ismail Kholil saat pimpin Paripurna bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar memberikan tanggapannya terhadap 2 buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu , di ruang sidang paripurna ,Selasa( 18/1/22).

Adapun 2 buah Raperda tersebut yaitu Raperda tentang Penyelenggaraan jalan khusus perusahaan dan Raperda tentang Pengelolaan air sungai.

Paripurna dipimpin wakil ketua I DPRD Tanbu, Said Ismail Khollil Al’Idrus yang didampingi wakil ketua II DPRD Agoes Rakhamady,S.AP ini dihadiri sekretaris daerah H.Ambo Sakka,M.Pd.

Pada kesempatan ini, Bupati Tanah Bumbu yang diwakili Ambo Sakka dalam sambutannya mengatakan terkait dengan Raperda tentang Penyelenggaraan jalan khusus perusahaan , Pemerintah Daerah, sangat mengapresiasi dan menyambut baik adanya Raperda ini.

Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Jalan Khusus Perusahaan melalui hak Inisiatif Dewan, merupakan bentuk sinergitas Pemerintah Daerah yang selalu berdampingan dan seiring, sehingga nantinya mampu mewujudkan tata kelola penyelenggaraan jalan di Bumi Bersujud menjadi lebih baik.

Selanjutnya terkait,Raperda tentang Pengelolaan Alur Sungai ,karena begitu banyaknya kewenangan yang diserahkan kepada daerah, maka setiap daerah dituntut untuk meningkatkan kemampuan keuangan masing-masing guna membiayai berbagai urusan daerah, termasuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Oleh sebab itu dipandang perlu dilakukan kajian dalam upaya peningkatan PAD yang bersumber dari sektor pertambangan batubara guna mendorong percepatan pembangunan yang merata dan berkeadilan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kemudian, setelah disetujuinya raperda inisiatif ini, maka tahapan berikutnya yang akan dilaksanakan adalah, dilakukannya fasilitasi ke Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah, dan Permendagri Nomor 80 Tahun 2015, tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.

Dan setelah ditetapkan dan diundangkannya peraturan daerah ini, maka pemerintah daerah melalui SKPD terkait segera melakukan sosialisasi dan melaksanakan perda tersebut.

“Semoga dari hasil kerja keras dan sinergisitas yang telah kita bangun bersama selama ini, dapat mengoptimalkan tanggungjawab kita, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, terutama dalam mewujudkan Bumi Bersujud menjadi Serambi Madinah” ujarnya Sekdakab Tanbu ini membacakan tanggapan Bupati.

Usai penyampaian sambutan, pimpinann dewan merangkum beberapa kesimpulan diantaranya bupati dapat menerima 2 buah raperda inisiatif DPRD kabupaten Tanah Bumbu dan pendapat bupati atas raperda inisiatif DPRD akan ditindaklanjuti oleh pimpinan DPRD pada rapat paripurna DPRD dalam rangka jawaban DPRD atas pendapat bupati terhadap 2 buah Raperda inisiatif DPRD.

Paripurna tersebut juga dihadiri unsur pimpinan instansi vertikal, Forkopimda,kepala SKPD di lingkungan jajaran pemerintah daerah Tanah Bumbu dan instansi terkait lainnya. (dat/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Peringati Hari Armada RI, Lanal Kotabaru Gelar Fun Bike

METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Lanal Kotabaru melaksanakan Fun bike memperingati Hari Armada RI tahun 2022. Kegiatan…


Ada Warga Derita Tumor dan Anaknya Lumpuh, Kapolsek Pulau Laut Selatan Langsung Membantu

Polri Peduli Sesama, Kapolsek Pulau Laut Selatan Berikan Bantuan Sembako Dan Uang Tunai METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU…


Bupati Zairullah Azhar Evaluasi Kinerja SKPDnya

Bupati Abah H Zairullah Azhar Expose Evaluasi Kinerja Seluruh SKPD METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Bupati Tanah…


Plt Kadis Kominfo Kotabaru Apresiasi Penyaluran Bantuan ke Warga Kurang Mampu

Plt Kepala Dinas Kominfo Kotabaru Ucapkan Terima Atas Kepeduliannya Menyalurkan Bantuan Kepada Masyarakat METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU…


PT Pelsart Bersama PWI Kotabaru Bagikan 70 Paket Sembako Kepada Masyarakat

PT Pelsart Bersama PWI Kotabaru Bagikan 70 Paket Sembako Kepada Masyarakat. METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – PT…