Selasa, 7 Desember 2021
banner-iklan-header

Latih Desa Mitra Tanggulangi dan Antisipasi Kebakaran

Sabtu, 7 November 2020 12:02
BANNER-ARCHIVE

(Istimewa) Indocement Latih Desa Mitra Antisipasi Kebakaran

KOTABARU, Metrokalsel – Dalam rangka meningkatkan kompetensi petugas pemadam kebakaran di desa mitra, Tim Safety dan CSR PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) Plant Tarjun kembali memberikan pelatihan dan simulasi pemadam kebakaran kepada kelompok Bantuan Laskar Kebakaran (Balakar) di Desa Tegalrejo.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat desa agar lebih tanggap terhadap bencana, khususnya bencana kebakaran yang sering terjadi di saat musim kemarau. Pelatihan berlangsung selama satu hari di Balai Desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir dan diikuti oleh 34 orang.

Pada kesempatan ini, Camat Kelumpang Hilir Johanuddin, S.Pd., M.M. turut hadir dan mengucapkan terima kasih kepada Indocement atas penyelengaraan kegiatan yang sangat positif ini. Dia meberikan apresiasi dan berharap agar pelatihan ini dapat menumbuhkan kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya kebakaran.

Masyarakat juga dihimbau untuk tidak membakar sampah sembarangan, membuang puntung rokok serta melakukan hal-hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran karena kebakaran bisa menyebabkan kerugiaan materi, korban luka-luka, dan korban meninggal dunia.

Kedepannya, Tim Balakar Desa Tegalrejo ini diharapkan dapat menjadi pusat penanganan bencana kebakaran bagi masyarakat Kelumpang Hilir.

Sebelumnya, sudah ada dua desa mitra yang mendapatkan pelatihan dan simulasi pemadam kebakaran yaitu Desa Tarjun dan Desa Langadai.

Selanjutnya pelatihan ini akan terus dilakukan secara bertahap kepada desa mitra lainnya.

Pada Kesempatan yang sama, SHE & CSR Department Head PTIndocement Plant Tarjun, Teguh Iman Basoeki, Jumat (5/11/2020) mengatakan pelatihan ini bagian dari program CSR untuk tanggap darurat bencana dengan harapan masyarakat melalui tim balakar di desa dapat mulai mengenali potensi yang dapat menimbulkan bencana, sosialisai penanganan keadaan darurat serta melakukan tindakan penanganan pada saat terjadi keadaan darurat.

” Tim yang melatih adalah tim fire & rescue PT Indocement yang bersertifikasi dan berpengalaman sehingga tim bjsa berbagi ilmu dan pengalaman guna penanganan keadaan darurat,” tandasnya. (mka03)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Akhir Desember 2021, Pembuatan Tangki Septik Ditargetkan Selesai

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Dinas PUPR Kabupaten Tanahbumbu Sedikit lagi bisa selesaikan pembangunan 3.444 unit tangki…


Bupati Tanbu Zairullah Azhar, Lantik 92 Anggota BPD

Dinas PMD Tanah Bumbu Fasilitasi Pelantikan 92 BPD Metrokalsel.co.id, Batulicin – Sebanyak 92 Anggota Badan…


Cuaca Buruk dan Banjir ROB, Satpolairud Polres Tanbu, Himbau Warga Pesisir Hentikan Aktivitas Dilaut

Anggota Satpolairud Polres Tanah Bumbu Saat Sapa Warga Tanbu dan Berikan Himbauan Metrokalsel.co.id, BATULICIN –…


Pasar Batuah Veteran Banjarmasin Bakal Direvitalisasi Total Secara Bertahap

Kepala Disperindag Banjarmasin, Ichrom Muftezar Metrokalsel.co.id, Banjarmasin – Kumuhnya kondisi bangunan pasar Batuah Veteran Banjarmasin…


Tingkatkan Nilai Moral Anak Kalsel, Bunda Nunung Hadirkan Pendongeng Susan

Sekretaris Dispersip Kalsel, M Ramadhan saat bersama dengan Pendongeng Ria Enes dan Boneka Susan Metrokalsel.co.id,…