Rapat Rekapitulas Hasili Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 Oleh KPU Kotabaru

Senin, 26 Februari 2024 21:53
1000446271
BANNER-ARCHIVE

Metrokalsel.co.id, KOTABARU- Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara pada Senin (26/2/2024) bertempat di Gedung Paris Barantai Kotabaru .

Rapat tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Zainal Arifin, S. STP. M.Si. Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru Syairi Mukhli, S.Sos, Forum Koordinas Pimpinan Daerah Kabupaten Kotabaru. Ketua KPU Kabupaten Kotabaru Andi Muhammad Saidi,  Ketua Bawaslu Kabupaten Kotabaru Rony Safriansyah, Pejabat Eselon II dan III di lingkup pemerintah Kabupaten Kotabaru Perwakilan Partai Politik peserta Pemilu tahun 2024. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Para saksi peserta pemilu

Staf ahli Bupati Zainal Arifin membacakan sambutan Bupati Kotabaru menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara Pemilu 2024

“Melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta penyelenggara Pemilu yaitu KPU, Bawaslu, PPK, PPS dan KPPS serta Aparat Keamanan TNI dan Polri yang telah menjalankan tugasnya secara terintegritas dan berdedikasi tinggi sehingga Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Kotabaru berjalan aman dan tertib,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, tahapan demi tahapan Pemilu di Kabupaten Kotabaru telah kita lalui bersama dengan aman, damai, sejuk dan lancar. Dan tahapan rapat pleno penghitungan hasil suara hari ini tentunya jadi moment yang ditunggu kita semua.
Maka dari itu, ia berharap rapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar pula” harapnya

Baca Juga :  Dewan Kesenian Kotabaru Gelar Pertunjukan Seni Lagu Banjar dan Musik Panting Serta Tarian Jafin Sigam

Ketua Bawaslu Rony Safriansyah juga memberikan sambutan dan aplus kepada peserta rapat terutama kepada KPU Kotabaru yang menjadi pelaksana pertama sekaligus tercepat dalam penghitungan suara Pemilu 2024 se Kalimantan Selatan.

“KPU Kabupaten Kotabaru adalah Komisi Pemilihan Umum yang tercepat di Kalimantan Selatan yang melakukan tahapan rekapitulasi perhitungan di kecamatan dengan hasil yang terbaik, hingga terlaksananya tahapan puncak atau rapat pleno dari pemilu di kabupaten Kotabaru, ” ujarnya.

Pelaksanaan rapat pleno tingkat kabupaten sendiri belum berakhir karena masih ada tahapan selanjutnya ditingkat Provinsi dan Nasional. Dan pasti tahapan Pemilu adalah tahapan yang melalui perjuangan panjang.

Terkait dalam pelaksanaan kegiatan kampanye partai politik di kabupaten Kotabaru, Rony mengapresiasi para pimpinan partai politik yang mau ikut tertib dalam melaksanakan ketentuan dalam kampanye terutama dalam menggunakan Alat Peraga Kampanye (APK)

Dan Rony juga berpesan kepada pimpinan partai politik agar segera melaporkan dana kampanye dari masing-masing partai politik

“Satu lagi tahapan yang dilakukan oleh pimpinan partai politik agar segera dan wajib melaporkan dana kampanye dari masing-masing partai politik, karna kalo tidak dilaporkan maka akan ada sanksi yang diterima olah para caleg dan partai politik tersebut,” ujarnya.

Bawaslu bersama saksi-saksi akan terus mengawal proses rekapitulasi yang akan berlangsung selama 5 hari di Gedung Paris Barantai ini dan apapun hasil akhirnya kepada para caleg baik DPRD Kabupaten, DPR Provinsi dan DPR RI serta Presiden dan Wakil Presiden, mudah-mudahan hasil ini menjadikan Kotabaru lebih maju lagi.

Baca Juga :  Diterjang Hujan Gerimis, Warga Kotabaru Tetap Antusias Laksanakan Salat Ied

Sedangkan Andi Muhammad Saidi, Ketua KPU Kotabaru membuka acara rapat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara ditingkat kabupaten Kotabaru menuturkan bahwa KPU sudah melaksanakan tahapan demi tahapan dari proses pelaksanaan pemilu

“Alhamdulillah KPU Kotabaru sudah melaksanakan semua tahapan Pemilu berdasarkan peraturan perundangan-undangan yang berlaku semenjak tahapan Pemilu ditetapkan pada tanggal 14 Juni 2022. Mulai dari pemuktahiran data pemilu, melakukan verifikasi partai politik, melakukan verifikasi faktual kesehatan partai politik, melaksanakan pemungutan dan rekapitulasi tingkat kecamatan” tuturnya

Dan semuanya terlaksana berkat adanya dukungan dari pemerintah daerah serta pengamanan dari TNI dan Polri terutama pada hari pemungutan suara tanggal 14 Februari kemarin.

Saidi mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sudah menjalankan tugas dalam pesta demokrasi tahun 2024.

“Kami mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPPS, PPS, PPK yang sudah menjalankan tugas dalam pesta demokrasi tahun 2024.
Dan rapat rekapitulasi pada hari ini terlaksana berkat adanya dukungan dari semua elemen baik pemerintah daerah, tokoh masyarakat, unsur masyarakat, pemuda maupun media yang sangat mendukung kinerja KPU Kabupaten Kotabaru,” Tutup Saidi. (ebt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini

Sigap, Anggota Polsek Angsana dan Satpolairud Selamatkan Dua Bocah Terserat Ombak

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Dua Bocah yang asik berenang di Pantai Angsana Kabupaten Tanah Bumbu, terseret…


Pria Ini Curi HP Saat Pemiliknya Tertidur di Langgar Annur Pagatan, Kini diamankan Polsek Kusan Hilir

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Unit Reskrim Polsek Kusan Hilir bekerja sama dengan Unit Resmob Satreskrim Polres…


Tempat Wisata di Pagatan hingga Angsana Penuh Pengunjung, Ini Himbauan Polisi Saat Berwisata

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Memasuki Libur lebaran H+3 Idul Fitri, tempat-tempat wista di Kabupaten Tanah Bumbu…


Solusi Lapas Batulicin Obati Rasa Rindu Keluarga WBP di Hari Lebaran, Buka Layanan Kunjungan Tatap Muka

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Ditengah keramaian dalam merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1445 H, Warga Binaan…


Bupati Tanbu dr HM Zairulah Azhar Open House di Istana Anak Yatim Batulicin

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), dr HM Zairullah Azhar menggelar open house Idul…