Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Petugas Lapas Kotabaru, Gagalkan Dua Kasus Penyelundupan Narkoba Hari Ini, Simpan Sabu di Roll On Freshcare

Jumat, 24 Desember 2021 15:02
IMG-20211224-WA0033
BANNER-ARCHIVE

Petugas Lapas Kotabaru Saat Perlihatkan Barang Bukti Kiriman Paket Sabu Yang Berhasil Digagalkan

Metrokalsel.co.id, KOTABARU – Dalam Satu hari, ada dua kasus  penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kotabaru yang digagalkan petugas jaga, Jumat (24/12/2021). 

Modusnya, ada orang yang mengantarkan pesanan ke Lapas dengan menyimpan sabu ke dalam roll on freshcare. 

Berawal dari kecurigaan petugas layanan penitipan barang terhadap titipan barang dan makanan yang dititipkan melalui ojol (ojek online). Tampak ojol tersebut terlihat gugup dan ragu-ragu saat ditanyakan petugas terkait identitas penitip dan KTP penitip asli barang tersebut.

Petugas pun langsung memeriksa barang titipan tersebut bersama dengan petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U). Setelah dilakukan pemeriksaan dengan sangat teliti didapati 1 paket Narkotika yang diselundupkan dalam kemasan roll on.

Petugas yang menemukan barang tersebut langsung melaporkan hasil temuannya tersebut kepada Ka. Jaga, Ka. KPLP dan Kalapas. Atas hasil temuan tersebut Kalapas Kotabaru langsung melakukan koordinasi dengan Polres Kotabaru untuk dilakukan tindak lanjut dan pengembangan.

Tidak berselang lama kemudian, petugas layanan penitipan barang Lapas Kotabaru yang semakin sigap terhadap upaya masuknya barang terlarang ke dalam Lapas, kembali menemukan 1 paket narkoba jenis sabu-sabu yang kembali diselundupkan ke dalam kemasan roll on.

Kemudian semua barang bukti berupa 2 botol roll on dan 2 buah plastik klip kecil yang di dalamnya diduga terdapat Narkotika jenis sabu diserahkan kepada pihak Satresnakorba Polres Kotabaru untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Dalam keterangannya, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabaru, Yosef Yembise mengatakan penggagalan upaya penyelundupan Narkotika Jenis Sabu ini merupakan buah dari kerja keras yang dilakukannya bersama jajaran terhadap komitmen pemberantasan narkoba di Lapas Kotabaru.

“Jadi hari ini merupakan prestasi bersejarah yang kita lakukan bersama jajaran. Tidak hanya 1 kali, hari ini kita 2 melakukan penggagalan upaya penyelundupan Narkoba ke dalam Lapas.” Kata Yosef.

Sejak menjabat sebagai Kalapas Kotabaru selama 2 minggu ini, berbagai upaya telah dilakukan oleh Yosef. Salah satunya yakni tidak henti-hentinya melakukan penguatan terhadap petugas di garda terdepan Lapas Kotabaru yakni, Petugas layanan penitipan barang dan Petugas P2U.

“Upaya yang kita lakukan ini tentunya bagian dari pelaksanaan dari perintah atasan kita yakni 3 kunci Pemasyarakatan Maju yang disampaikan oleh Bapak Dirjenpas yaitu, Deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, Berantas peredaran narkotika, dan Sinergi dengan aparat penegak hukum dan pihak terkait, ” Lanjut Yosef.

“Saya juga selalu mengatakan kepada jajaran saya untuk tidak main-main dengan narkoba, jika ada yang terbukti terlibat dengan narkoba, maka tidak tunggu waktu yang lama akan langsung saya tindak tegas, ” tuturnya.

Terakhir Yosef berpesan kepada masyarakat untuk jangan berani lagi menyelundupkan barang-barang terlarang ke dalam Lapas Kotabaru.

“Saya sampaikan juga kepada siapapun untuk jangan ada lagi upaya-upaya seperti ini. Tolong jangan rusak proses pembinaan yang kami lakukan kepada warga binaan kami. Dengan ini kami tunjukkan bahwa seluruh Petugas Lapas Kotabaru solid dan berkomitmen penuh dalam pemberantasan Narkoba,” pungkasnya. (ebt/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa  METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…


Satlantas Polres Tanbu Berjasama Indocement Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas

Indocement dan Satlantas Polres Tanbu Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas untuk 3…


Kantor Imigrasi Batulicin Berkoordinasi Dengan Dandim 1022 Tanbu, Soal Kehadiran Orang Asing

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Kehadiran Orang Asing memang meningkatkan perekonomian dan investasi, namun demikian, tidak dapat…