Kamis, 29 September 2022
png_20220108_192606_0000

Peringati Hari PMI, Pengurus PMI Kotabaru Gelar Donor Darah

Minggu, 18 September 2022 19:11
IMG-20220918-WA0033
BANNER-ARCHIVE

Dalam Rangka Peringatan Hari PMI , PMI Kotabaru Gelar Donor Darah Sukarela

METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – PMI Kotabaru bekerjasama dengan Ikatan Alumni Institut ?mhnPertanian Bogor (IPB) memperingati Dies natalis HA IPB university ke- 59 dan menggelar bakti sosial donor darah sukarela.

Itu digelar serentak Sekalsel serta peringatan hari PMI di kabupaten Kotabaru, berlokasi dikantor unit donor darah (UDD)
Jalan H Hasan Basri desa Semayap Kotabaru, Minggu (18/9/22).

Disela- sela kegiatan tersebut
Asisten II Setda kotabaru Murdianto mengatakan, terkait dengan keberadaan kegiatan dari PMI kabupaten Kotabaru, jika diliat dari apa yang sudah dilakukan oleh PMI kotabaru cukup berperan.

Ini sangat bersinergi sekali dengan kewajiban pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan dan meningkatkan derajat kesehatan Dimata masyarakat kabupaten Kotabaru.

” Terkait dengan kebutuhan, baik itu kebutuhan tentang fasilitas pendukung dan pembiayaan lainnya barangkali pemerintah daerah sesuai dengan kemampuan daerah akan melakukan pengalokasian anggaran APBD yang dibutuhkan oleh PMI tersebut,” ucapnya

Adapun nanti prosedur mekanismenya seperti kegiatan kegiatan lainnya, artinya melalui usulan -usulan yang dilakukan atau disampaikan oleh PMI kotabaru.

” Usulan itu kemudian kita bahas dan kita pertimbangkan yang nanti kita sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan daerah, ” ucapnya.

Secara prinsip, pemerintah daerah berkomitmen bagaimana mendukung kelangsungan dari PMI ini untuk melakukan aktivitasnya memberikan fasilitasi terhadap upaya peningkatan kesehatan masyarakat khususnya di kabupaten Kotabaru.

Sementara itu ketua PMI kotabaru, Sugian Nor mengatakan UDD ini sebagai unit donor darah, yaitu menerima semua niat baik dari masyarakat yang ingin donor darah.

” Jadi beda dengan UTD, kalau UTD unit transfusi darah mereka melaksanakan kegiatan transfusi sekaligus mengambil darah pendonor yang sifatnya emergency, ” katanya.

Sementara Fungsi UDD adalah menyiapkan darah yang ada dirumah sakit atau untuk kepentingan kepentingan medis.

” Kami disini melayani masyarakat yang melaksanakan donor darah dan istilahnya 24 jam melayani dan menghimbau kepada masyarakat yang biasa sudah melakukan donor darah bisa langsung ke UDD dari pukul 08.00 pagi hingga selesai dan kami akan selalu siap melayani, ” katanya.

Dia berharap bisa disosialisasikan kepada seluruh masyarakat yang ada dikabupaten Kotabaru khususnya dikecamatan pulau laut Utara bahwa UUD ini sudah siap menampung pendonor dan penerima pendonor untuk menyumbangkan darahnya ini fungsinya UUD.

Pada acara tersebut dihadiri Kasdim 1004/Kotabaru Mayor INF Suyadi, Anggota DPRD Kotabaru Awaludin, Ketua PMI kabupaten kotabaru Sugian Nor ,Ketua UUD PMI kotabaru
dr Kuranta’ain , perwakilan polres kotabaru Iptu Feby serta alumni IPB . (ebt)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Jhonlin Group Umrohkan 870 Warga Tanah Bumbu

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Jhonlin Group memberangkatkan 870 warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, untuk laksanakan ibadah…


Warga Binaan Lapas Kotabaru Yang Buta Huruf, Diajari Membaca dan Berhitung

Sebanyak 30 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Ikut Belajar Mandiri Mengenal Haruf dan…


Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana METROKALSEL.CO.ID,…


Tim Tikim Imigrasi Batulicin Turun ke Desa-Desa Sampaikan Informasi MPaspor

(Istimewa) Sosialisasi MPaspor ke Desa-desa di Kabupaten Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Kantor Imigrasi Kelas II…


Bupati Bersama Kapolres dan Dandim Tanbu, Tinjau Langsung Jalan Nasional Yang Longsor

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar bersama Kapolres AKBP Tri Hambodo…