Kamis, 29 September 2022
png_20220108_192606_0000

Lapas Kotabaru Masuk Dalam Daftar 40 Lapas Percontohan Bidang Kesehatan

Kamis, 28 Juli 2022 11:51
IMG-20220728-WA0023
BANNER-ARCHIVE

Foto Bersama Kalapas Percontohan bersama Ditjenpas

Metrokalsel.co.id, KOTABARU – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabaru, Yosef Benyamin Yembise mengikuti kegiatan Penguatan Kapasitas Penyelenggaraan Layanan Kesehatan Pemasyarakatan yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) di Bali, Kamis, (28/7/22). 

Kegiatan yang diadakan Ditjenpas tersebut juga menggandeng United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC).

Kegiatan juga diikutu 40 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Percontohan Layanan Kesehatan yang tersebar di 33 Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi, Muji Raharjo Drajat Santoso yang membuka kegiatan mengungkapkan bahwa UPT Pemasyarakatan percontohan ini diharapkan dapat menjadi pusat pembelajaran UPT Pemasyarakatan lainnya dengan mengusung semangat corporate university.

Untuk itu dilaksanakan penguatan bagi UPT percontohan agar dapat melaksanakan optimalisasi layanan kesehatan.

“Tolong dimanfaatkan kesempatan ini dengan bersungguh-sungguh untuk memahami penyelenggaraan layanan kesehatan Pemasyarakatan. Layanan kesehatan sesuai standar yang nantinya Bapak/Ibu terapkan juga akan diimplementasikan di UPT Pemasyarakatan lainnya,” pesan Muji kepada peserta yang hadir.

Muji menambahkan, ada sembilan prioritas penyelenggaraan layanan kesehatan Pemasyarakatan.

Prioritas tersebut adalah legalitas layanan kesehatan, penyakit menular TBC, HIV-AIDS, hepatitis, skabies, dan COVID-19, unit layanan disabilitas, perempuan dan anak bawaan, gangguan mental, gizi dan makanan, sanitasi dan kesehatan lingkungan, jaminan kesehatan nasional dan anggaran layanan kesehatan Pemasyarakatan.

Senada dengan yang disampaikan oleh Muji, Kalapas Kotabaru Yosef Yembise menyatakan komitmen dan kesiapan penuh dalam penyelenggaraan pelayanan khususnya layanan Kesehatan yang optimal bagi warga binaan sebagaimana telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. 

“Untuk wilayah Kalimantan Selatan, Lapas Kotabaru merupakan satu-satunya perwakilan yang dipilih sebagai piloting project dalam hal pelayanan Kesehatan di Lapas. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk memastikan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) memperoleh layanan kesehatan yang sesuai standar,” Ucap Yosef.

Seperti diketahui, Lapas Kelas IIA Kotabaru ditetapkan menjadi UPT Pemasyarakatan percontohan terkait layanan Kesehatan bersama dengan 39 UPT Pemasyarakatan lainnya yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan melaui Surat Keputusan Nomor PAS-36.OT.01.03 Tahun 2021. (ebt)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Pencarian Hari Ketiga, Tim SAR Gabungan Temukan Satu Korban Tertimbun Longsor

METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Hari ke tiga, Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan satu orang dari…


Jhonlin Group Umrohkan 870 Warga Tanah Bumbu

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Jhonlin Group memberangkatkan 870 warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, untuk laksanakan ibadah…


Warga Binaan Lapas Kotabaru Yang Buta Huruf, Diajari Membaca dan Berhitung

Sebanyak 30 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Ikut Belajar Mandiri Mengenal Haruf dan…


Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana METROKALSEL.CO.ID,…


Tim Tikim Imigrasi Batulicin Turun ke Desa-Desa Sampaikan Informasi MPaspor

(Istimewa) Sosialisasi MPaspor ke Desa-desa di Kabupaten Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Kantor Imigrasi Kelas II…