Kamis, 6 Oktober 2022
png_20220108_192606_0000

Kejari Kotabaru Musnahkan Barang Bukti Narkotika hingga Senjata Tajam

Sabtu, 9 April 2022 03:29
IMG-20220409-WA0002
BANNER-ARCHIVE

Kejaksaan Negeri Kotabaru Musnahkan Barang Bukti Yang Memiliki Kekuatan Hukum Tetap

Metrokalsel.co.id, Kotabaru – Kejaksaan Negeri Kabupaten Kotabaru melakukan Pemusnahan Barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Pemusanahan itu diantaranya barang bukti Narkotika, Senjata Tajam, dan barang bukti jenis lainnya, di gelar di halaman kantor Kejaksaan Negeri Kotabaru, Jumat (8/3/2022) sore.

Pemusnahan barang bukti dihadiri dan disaksikan Ketua DPRD Kotabaru Syairi Muklis, Kasdim 1004/kotabaru, Kabag Ops polres kotabaru, Kasat Narkoba para jajaran Kejaksaan Negeri kotabaru dan media cetak serta online .

Kepala Kejaksaan Negeri kotabaru, Andi Irfan Safruddin SH mengatakan, sesuai dengan tugas dan wewenang kejaksaan dibidang pidana sebagai eksekutor melaksanakan penetapan hakim dan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, kejaksaan negeri kotabaru melaksanakan acara pemusnahan barang bukti itu.

” Barang bukti yang akan dimusnahkan merupakan barang bukti yang telah di inkcrah kuran waktu bulan september tahun 2021 sampai bulan april tahun 2022,” katanya.

Dengan jumlah perkara di antara perkara narkotika sebanyak 41 perkara, sajam sebanyak 9 perkara ,tipiring sebanyak 1 perkara , dan perkara umumnya sebanyak 28 perkara. Barang bukti yang akan dimusnahkan tersebut didominasi oleh barang bukti perkara narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 58,29 gram.

Dengan adanya pemusnahan barang bukti yang dilakukan oleh kejaksaan negeri kotabaru ini digunakan sebagai momentum untuk menunjukkan kinerja kejaksaan sebagai sosok penegak hukum yang berfungsi sebagai eksekutor.

Sehingga tidak ada kesan negatif bahwa pilihan kejaksaan terkesan lalai apalagi mempermainkan barang bukti untuk tujuan tertentu,serta diharapkan dapat menunjukkan kepada masyarakat mengenai keseriusan pihak kejaksaan dalam membertas peredaran narkotika dan obat -obatan terlarang diwilayah hukumnya.

” Melalui acara pemusnahan barang bukti, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada rekan rekan penegak hukum lainnya secara bersama telah bekerja keras dalam melakukan pemberantasan perkara pidana terlebih khusus dalam perkara narkotika,” tandasnya. (ebt/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Diduga Gara-gara Pancis, Sebuah Pom Mini di Sungai Taib Kotabaru, Terbakar

Pom Mini Terbakar, Warga Sungai Taib Geger METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Warga tiba-tiba panik saat mrlihat…


Dishub dan Satlantas Polres Kotabaru, Sosialisasikan Aturan Tonase Yang Melintas

Dishub Kotabaru Bersama Satlantas Melakukan Sosialisasi Dan Pengambilan Sampel Kepada Pengemudi Angkutan Umum METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU…


Memeriahkan HUT TNI Ke -77 Pangkalan TNI AL Kotabaru Gelar Water Trappen

  METROKALSEL.CO.ID,KOTABARU – Dalam rangka memeriahkan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-77 Tahun 2022 yang…


Isu Rekrut Qori Dari Luar Daerah, Ini Tanggapan Kepala Kemenag Kotabaru

Kepala Kantor Kemenag Kotabaru, H Ahmad Kamal METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Penyelenggaraan MTQ Nasional ke 52…


Tak Kuat Menanjak, Truk Terbalik Timpa Ayah dan Anak Hingga Tewas di Kotabaru

Kecelakaan di Tanjakan Jalan Pulau Laut Sigam Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Diduga tak kuat menanjak,…