Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Dugaan Tindak Pidana Korupsi, Kejaksaan Negeri Kotabaru Geledah Kantor Dinas Lingkungan Hidup

Kamis, 24 Februari 2022 08:37
IMG-20220224-WA0003
BANNER-ARCHIVE

Kejaksaan Negeri Kotabaru Melakukan Penggeledahan Kantor DLH

Metrokalsel.co.id, Kotabaru – Adanya dugaan tindak pidana korupsi, jajaran Kejaksaan Negeri Kotabaru melakukan Penggeledahan
di kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru, Rabu (23 /2/2022) siang.

Sejumlah berkas diangkut jajaran Kejaksaan Negeri Kabupaten Kotabaru ini saat anggota kenakan rompi hitam merah muda.

Kepala Kejaksaan Negeri Kotabaru Andi Irfan Safruddin melalui Kasi Intelijennya, Achmad Riduan membenarkan, tim jaksa penyidik kejaksaan negeri kotabaru yang dipimpin oleh Kasi Pidsus Roh Wiharjo.

Mereka melakukan penggeledahan di kantor dinas lingkungan hidup kotabaru yang beralamat di jalan pangeran kusumanegara nomor 71 kotabaru tengah kecamatan Pulau Laut utara kabupaten Kotabaru.

” Ini Terkait dugaan adanya penyalahgunaan anggaran penyedia jasa pemeliharaan, biaya pemeliharaan pajak, perizinan kendaraan dinas operasional atau lapangan dinas lingkungan hidup tahun anggaran 2020 dan tahun anggaran 2021 yang tidak sesuai penggunaannya (fiktif),” katanya.

Menindaklanjuti tersebut, berdasarkan surat perintah penyidikan kepala kejaksaan negeri kotabaru nomor : print-01/o.3.12/fd.1/02/2022 tanggal 21 februari 2022 telah meningkatkan status pemeriksaan dugaan adanya penyalahgunaan anggaran penyedia jasa pemeliharaan, biaya pemeliharaan pajak, perijinan kendaraan dinas operasional atau lapangan dinas lingkungan hidup tahun anggaran 2020 dan tahun anggaran 2021 yang tidak sesuai penggunaannya / fiktif dari tahap penyelidikan ke penyidikan.

Terdapat adanya potensi kerugian keuangan negara dalam pengelolaan biaya operasional di dinas lingkungan hidup kotabaru tahun 2020 dan tahun 2021 pertahunnya sejumlah kurang lebih Rp 1.994.697.400.

Penggeledahan yang dilakukan oleh tim jaksa penyidik kejaksaan negeri kotabaru merupakan tindakan pro yustitia yang dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan pasal 33 dan 34 kitab undang-undang hukum acara pidana.

Dan ini sudah mendapatkan izin penggeledahan dari Pengadilan Negeri Kotabaru dengan dikeluarkannya penetapan pengadilan negeri kotabaru nomor : 01/pen.pid/2022/pn ktb dan ditindak lanjuti dengan dikeluarkan nya surat perintah penggeledahan kepala kejaksaan negeri kotabaru nomor : print-01/o.3.12/fd.1/02/2022 tanggal 22 februari 2022.

Dalam penggeledahan kantor dinas lingkungan hidup kotabaru ini, tim jaksa penyidik kejaksaan negeri kotabaru melakukan penyitaan terhadap sejumlah dokumen-dokumen yang terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan anggaran tersebut.

Kegiatan penggeledahan pada ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan covid-19, antara lain dengan wajib menggunakan masker dan tetap menjaga jarak aman. (ebt/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Purna Paskibraka Indonesia Kotabaru, Gelar Rapat Persiapan Lomba PBB

PPI Kotabaru Gelar Rapat Persiapan Lomba PPB METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Purna paskibraka Indonesia (PPI) kabupaten…


Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok, Punya Pemimpin Baru

Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok ke VIII METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Orari lokal kabupaten Kotabaru melaksanakan…


Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa¬† METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…