Minggu, 25 September 2022
png_20220108_192606_0000

Plt Kadinkes Banjarmasin Bantah Isu Manipulasi Data Vaksinasi Lansia

Sabtu, 12 Maret 2022 08:08
IMG-20220310-WA0053
BANNER-ARCHIVE

Plt Kadinkes Banjarmasin, Doyo saat Tinjau Vaksinasi Lansia

Metrokalsel.co.id, Banjarmasin – Beberapa hari belakangan, santer terdengar melalui pemberitaan dari media online, terkait adanya dugaan manipulasi data.

Kabarnya, Pelaksana Tugas (PLT) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi, memerintahkan Tenaga Kesehatan (Nakes) memasukkan data Lanjut Usia (Lansia) yang belum bervaksin, dinyatakan sudah bervaksin demi meningkatkan capaian angka vaksinasi.

Isu manipulasi data itu pun langsung dibantah oleh Doyo Pudjadi yang juga menjabat sebagai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sekdako Banjarmasin.

“Saya katakan itu tidak benar! Kenapa? Meski saya bukan orang kesehatan, saya juga punya ilmu. Jadi tahu prosedur dan proses angka ini,” ucap Doyo kepada awak media di Ruang Rapat Sekdako Banjarmasin, Kamis, (10/3/2022) sore.

Doyo pun kembali menegaskan bahwa dirinya tidak pernah memberikan perintah memanipulasi data vaksinasi lansia tersebut kepada nakes.

Dirinya hanya memberikan arahan kepada seluruh puskesmas untuk melakukan strategi peningkatan capaian vaksinasi dengan cara yang wajar. Bukan memanipulasi data

“Yang ada adalah, ketika PLT mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan target vaksinasi, tentunya upaya vaksinasi sepekan ini,” jelasnya.

“Dan tentunya memberikan semangat kepada kepala Puskesmas untuk melakukan upaya dan strategi khusus. Seperti memonitoring yang komorbid. Sehingga angka vaksinasi meningkat sampai 60 persen. Bukan saya memerintahkan memanipulasi ubah jadi 60 persen,” sambungnya.

Doyo pun menduga, isu yang beredar saat ini dikarenakan adanya salah penafsiran dari penerima informasi tersebut.

“Ini barangkali salah tafsir, melaporkannya lalu berbeda. Tapi kalau sudah terjadi ya terjadilah. Yang jelas saya sebagai PLT tidak punya kepentingan dan tidak memaksakan angka untuk naik,” tegasnya lagi.

Disinggung terkait oknum nakes yang diduga memberikan informasi tersebut? Doyo tak mau ambil pusing.

Dirinya hanya mengaku saat ini hanya fokus melaksanakan Pekan Vaksinasi Lansia Sepekan yang berlangsung sampai tanggal 15 Maret 2022 mendatang.

“Yang jelas kita bersepakat dengan Kodim dan Polresta Banjarmasin, untuk benar-benar mencapai target vaksinasi itu. Saya hanya berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena tuhan maha adil,” pungkasnya. (dya/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok, Punya Pemimpin Baru

Orari Lokal Kotabaru Gelar Muslok ke VIII METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Orari lokal kabupaten Kotabaru melaksanakan…


Kerusakan Jalan di Satui Barat, Satlantas Polres Tanbu Ingatkan Pengendara Untuk Konsentrasi

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Retakan jalan di Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui…


Hore! Sekarang Ada Wifi Gratis di Wisata Siring Laut Kotabaru

Para Pengunjung Siring Laut Kotabaru Kini Bisa Nikmati Wifi Area Gratis METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Untuk…


Polemik Kongres Luar Biasa ASKAB Kotabaru, Tidak Resmi ?

Persepakbolaan Kotabaru Gelar Kongres Luar Biasa¬† METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Asosiasi Sepakbola Kabupaten (ASKAB) menggelar kongres…


Satlantas Polres Tanbu Berjasama Indocement Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas

Indocement dan Satlantas Polres Tanbu Gelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Keselamatan Berlalu Lintas untuk 3…