Pariwisata Kalsel Jadi Prioritas Gubernur, Dispar Gelar Pelatihan Pengembangan Sadar Wisata

Kamis, 29 Februari 2024 14:16
1000434891
BANNER-ARCHIVE

Metrokalsel.co.id, BANJARMASIN – Pengembangan sektor pariwisata menjadi salah satu program prioritas yang diusung oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

Tidak hanya infrastruktur, kompetensi sumber daya manusia pengelola sektor pariwisata menjadi faktor penting dalam menunjang kemajuan sektor pariwisata di Banua.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalsel pun menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Sekitar Wisata di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin, Kamis (29/2/24).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, M Syarifuddin diwakili Kepala Bidang Pengembangan Destinasi, Mugeni menuturkan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM pengelola objek wisata khususnya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Banua.

Baca Juga :  Mantan Kadishub Banjarmasin Yang Kini Ditahan Karena Korupsi, Sempat Ajukan Pensiun Dini Tapi Ditolak

“Ini merupakan kegiatan rutin kita, dimana pada kesempatan kali ini kita merangkul sejumlah Pokdarwis Kabupaten Barito Kuala (Batola) untuk kita tingkatkan kompetensinya,” kata Mugeni.

Dia menuturkan, pengembangan kompetensi Pokdarwis ini sangat penting, apalagi saat ini sudah banyak destinasi wisata baru yang bermunculan.

“Peningkatan kompetensi ini dilakukan agar teman-teman Pokdarwis bisa bersaing dengan para pengelola destinasi wisata yang lain,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, peningkatan kompetensi Pokdarwis ini juga penting sejalan dengan meningkatnya jumlah kunjungan dari wisatawam baik domestik maupun mancanegara.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Desa Wisata Pulau Sewangi Seribu Jukung, Syarifah Saupiah mengapresiasi atas diselenggarakannya pelatihan pengembangan Pokdarwis yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel.

Baca Juga :  Sebanyak 55 Aramada Mudik Gratis Lebaran, Dilepas Paman Birin

“Alhamdulillah ini sangat bermanfaat sekali bagi teman-teman kami di Pokdarwis dalam meningkatkan kemajuan objek wisata di tempat kami,” tuturnya.

Pulau Sewangi sendiri terkenal dengan Desa pembuat Jukung atau Kelotok (perahu motor kecil) yang menjadi mata pencaharian utama 75 persen penduduk disana.

Dengan keunikannya tersebut Desa Wisata Pulau Sewangi juga menjadi salah satu geosite Geopark Meratus yang akan diusulkan menjadi UNESCO Global Geopark.

Tidak hanya Pokdarwis dari Pulau Sewangi, kegiatan pelatihan ini diikuti oleh sejumlah Pokdarwis lain nya seperti Pokdarwis Pulau Curiak yang terkenal dengan wilayah konservasi Bekantannya. (mc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini

Zairullah Lepas Kafilah Tanbu, Ikuti Ajang MTQN Tingkat Provinsi di Tapin

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Bupati Zairullah Azhar melepas Kafilah Tanah Bumbu (Tanbu) untuk mengikuti ajang Musabaqah…


Bupati Tanah Bumbu, Lantik Ribuan PPPK Formasi Tahun 2023

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar melantik 1241 Pegawai Pemerintah dengan…


Viral, Remaja Tawuran di Area Pantai Pagatan Diamankan Polsek Kusan Hilir

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Sekelompok anak muda tawuran di area Pesta Adat Mappanre Ri Tasie Pagatan…


ASDP Ferry Batulicin Mulai Uji Coba Penerapan Pembelian Tiket Berbasis Website

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Managemen PT Angkutan Sungai Danau Penyebrangan (ASDP) Ferry Cabang Batulicin, kini mulai…


Dishub Tanbu Keluarkan Edaran, Pelarangan Melintas Kendaraan Roda Enam Keatas Diare Ini

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Setia Budi mengimbau seluruh mobil…