Kamis, 29 September 2022
png_20220108_192606_0000

Mantan Kadishub Banjarmasin Yang Kini Ditahan Karena Korupsi, Sempat Ajukan Pensiun Dini Tapi Ditolak

Kamis, 14 April 2022 21:11
IMG-20220414-WA0063
BANNER-ARCHIVE

(Istimewa) Kasman (Baju orange) Mantan Kadishub Kota Banjarmasin Saat Berada di LP Teluk Dalam

Metrokalsel.co.id, Banjarmasin – Terpidana kasus korupsi pembangunan terminal KM 6, mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarmasin, Kasman, ternyata pernah mengajukan pensiun dini kepada Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

Hal itu disampaikan Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina. Pengajuan pensiun dini oleh Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Kota Banjarmasin itu pertama kali pada tahun 2018.

“Dulu sempat mengajukan pensiun dini. Tapi ditolak. Karena berdasarkan aturan, setiap orang atau ASN yang sedang menjalani proses hukum itu tidak bisa mengajukan pensiun dini,” ucapnya di lobi Balaikota, Kamis (14/4/2022) siang.

Ibnu menambahkan, setelah putusan terkait kasus Kasman keluar di tahun 2019, yang bersangkutan juga sempat kembali mengajukan pensiun dini. Dan itu juga kembali ditolak.

“Memang aturannya seperti itu, proses hukum yang dijalani harus inkrah dulu, putusan dan hukuman atau vonisnya seperti apa, baru proses kepegawaiannya menyesuaikan,” jelasnya.

Lantas, bagaimana status kepegawaian Kasman yang diketahui masih aktif sebagai pejabat definitif di Badan Kesbangpol Banjarmasin?

Terkait hal itu, Ibnu menegaskan bahwa saat ini proses administrasi kepegawaian bagi Kasman sendiri sedang berlangsung dan keputusan finalnya akan menyusul.

“Status kepegawaian Pak Kasman untuk dilakukan pemberhentian masih dalam proses. Karena secara aturan memang harus diberhentikan, sesuai dengan perintah BKN,” tegasnya.

Kemudian, untuk mengisi kekosongan, Ibnu mengaku sidan menunjuk Asisten II Setdako Banjarmasin, Ahmad Fanani Syaifudin sebagai Plt Kepala Badan Kesbangpol Banjarmasin.

“Penunjukan ini karena pejabat lama Pak Kasman sudah dieksekusi pada tanggal 8 kemarin. Jadi tanggal 9 saya tunjuk Pak Fanani untuk mengisi kekosongan,” pungkas Ibnu.

Untuk diketahui, Kasman menimbulkan kerugian negara yang ditaksir mencapai Rp2,5 miliar. (dya/mka) 

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Pencarian Hari Ketiga, Tim SAR Gabungan Temukan Satu Korban Tertimbun Longsor

METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Hari ke tiga, Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan satu orang dari…


Jhonlin Group Umrohkan 870 Warga Tanah Bumbu

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Jhonlin Group memberangkatkan 870 warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, untuk laksanakan ibadah…


Warga Binaan Lapas Kotabaru Yang Buta Huruf, Diajari Membaca dan Berhitung

Sebanyak 30 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Ikut Belajar Mandiri Mengenal Haruf dan…


Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana METROKALSEL.CO.ID,…


Tim Tikim Imigrasi Batulicin Turun ke Desa-Desa Sampaikan Informasi MPaspor

(Istimewa) Sosialisasi MPaspor ke Desa-desa di Kabupaten Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Kantor Imigrasi Kelas II…