Kamis, 29 September 2022
png_20220108_192606_0000

Kapal Barang Kapuas Banjarmasin Tenggelam, Dari 5 ABK Satu Orang Ditemukan Terdampar di Kalteng

Rabu, 24 Agustus 2022 07:57
IMG-20220824-WA0006
BANNER-ARCHIVE

Kapal Barang Berkah Jaya 88 Tenggelam di Perairan Muara Sungai Barito Povinsi Kalimantan Selatan

METROKALSEL.CO.ID, BANJARMASIN – Sebuah Kapal Kayu Pengangkut Barang Berkah Jaya 88 Tenggelam di Perairan Muara Sungai Barito Provinsi Kalimantan Selatan, satu korban ditemukan selamat dan 4 orang lainnya masih dicari tim SAR. 

Kabarnya, 4 Anak Buah Kapal (ABK) hilang dan 1 ditemukan dalam keadaan selamat, terdampar di pesisir Pantai Sungai Bakau Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin, Al Amrad, yang mendapatkan informasi dari TNI AL langsung turun.

“ Betul kami terima informasi dari anggota POS TNI AL Kuala Pembuang bahwa ditemukan korban selamat atas nama Bambang oleh warga di Pesisir Pantai Sungai Bakau Kalimantan Tengah. Setelah Itu, kami langsung gali Informasi guna melaksanakan Operasi SAR,” jelas Al Amrad, Selasa (23/08/22).

Bambang (51) yang merupakan korban selamat merupakan warga Dusun Ampeldento Jawa Timur Yang saat ini sedang dirawat di rumah warga.

Dia menceritakan bahwa Kapal Berkah Jaya 88 Berangkat menuju Banjarmasin dari Kapuas untuk mengantarkan barang pada Selasa (17/8/22). Namun nahas pada Rabu dini hari Kapal dihantam gelombang besar dan Kapal akhirnya tenggelam.

Saat itu, 5 Orang ABK keluar dari kapal dengan menggunakan Life Jaket dan terapung Apung selama 5 hari. Saat Itu Bambang berusaha berenang mengejar Kapal yang berlayar untuk mendapatkan pertolongan.
Namun tidak terkejar dan akhirnya Bambang ditemukan terdampar di pesisir pantai Sungai Bakau Kalimantan Tengah Pada, Selasa (23/8/22).

Saat berita Ini masuk, Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin, langsung berkoordinasi dengan Kantor Pencarian Dan Pertolongan Palangkaraya untuk melaksanakan Operasi SAR.

Menurut Kepala Sub Seksi Operasi Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin, Amri Zuna Kurniawan, tim menerjunkan tim.

“Kami Kirimkan 3 Sru Yang Terdiri Dari 2 SRU Air Dan 1 SRU Darat Yang Berasal Dari 2 Kantor SAR untuk melakukan pencarian karena wilayah kejadian awal yang berada di Wilayah Kalimantan Selatan dan korban ditemukan di Wilayah Kalteng, serta arah angin dan arus yang membuat area pencarian memasuki Wilayah Kalteng, jadi kami berkoordinasi dengan Kantor Pencarian Dan Pertolongan Palangkaraya,” pungkasnya.

Saat Ini masih ada 4 orang ABK yang belum didiemukan dan dalam tahap Pencarian yaitu Agustiar (46) Nahkoda, Saleh (55), Taufik Leunufna (48), Dan Roy Marten Roni Riwo (42).

“Besar Harapan Kami, semoga 4 korban yang masih dalam pencarian dapat kami temukan dalam keadaan selamat, mengingat 1 korban yang sudah terombang Ambing selama 5 hari masih dapat ditemukan dengan keadaan selamat,” tutup Al Amrad. (bsr)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Warga Binaan Lapas Kotabaru Yang Buta Huruf, Diajari Membaca dan Berhitung

Sebanyak 30 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Ikut Belajar Mandiri Mengenal Haruf dan…


Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana METROKALSEL.CO.ID,…


Tim Tikim Imigrasi Batulicin Turun ke Desa-Desa Sampaikan Informasi MPaspor

(Istimewa) Sosialisasi MPaspor ke Desa-desa di Kabupaten Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Kantor Imigrasi Kelas II…


Bupati Bersama Kapolres dan Dandim Tanbu, Tinjau Langsung Jalan Nasional Yang Longsor

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar bersama Kapolres AKBP Tri Hambodo…


Seorang Pekerja Pembangunan Masjid di Kotabaru, Ditemukan Tergeletak di Dalam WC

Pekerjaan Harian Lepas Pembangunan Masjid, Meninggal Setelah Terjatuh Dari WC METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Seorang pekerja…