Kamis, 6 Oktober 2022
png_20220108_192606_0000

Ibnu Sina Sebut Bakal Ada Mall Pelayanan Publik Di Mitra Plaza Banjarmasin

Sabtu, 12 Maret 2022 07:25
IMG-20220312-WA0000
BANNER-ARCHIVE

Bangunan Mitra Plaza Banjarmasin

Metrokalsel.co.id, Banjarmasin – Hak Guna Bangunan (HGB) Gedung Mitra Plaza Banjarmasin yang dikelola PT Kharisma Inti Mitra (KIM) bakal berakhir Juni 2022 nanti dan akan dialihkan pemanfaatnnya.

Rencananya gedung itu akan difungsikan untuk menjalankan dua sektor berbeda, yakni layanan publik dari Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin dan sektor ekonomi-pariwisata.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, gedung yang berada di atas tanah bekas Pasar Gembira, Jalan Pangeran Antasari itu akan dilakukan perubahan bentuk kerjasama dengan pihak swasta atau pihak ketiga.

“Tidak diperpanjang. Tapi, ada penyesuaian pola kerjasamanya dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang saat ini berlaku,” ucapnya, Jumat (11/3/2022) siang.

Rencananya Pemko bakal mengganti status kerjasama penggunaan lahan tersebut dengan status Kerjasama Pemanfaatan (KSP).

“Karena dalam skema pemanfaatan aset, kita tidak bisa memperpanjang HGBnya lantaran terhalang regulasi di peraturan pusat, meski BPN (Badan Pertanahan Nasional) masih membolehkan,” ungkap Ibnu.

Oleh karena itu menurut Ibnu pihaknya melanjutkan kerjasama dengan skema KSP yang bisa dilakukan dengan tenggat waktu 10 tahun bahkan bisa sampai 30 tahun.

Hal itu dilakukan guna menghindari adanya pihak-pihak yang dirugikan atas penggunaan lahan yang tepat berada di tepian Sungai Martapura itu.

“Dan itu didampingi oleh Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Asdatun) Kejati Kalsel untuk format kerjasamanya,” tegasnya.

Menurutnya, skema KSP yang nantinya diterapkan tersebut berbentuk bangun serah guna dan lainnya. Termasuk juga sewa-menyewa bagunan.

Sehingga pihak swasta akan tetap diperkenankan menggunakan gedung atau lahan tersebut dengan syarat harus membayar uang sewa sebagai kontribusinya kepada Pemko Banjarmasin.

“Itu bedanya antara HGB dan KSP. Karena selama ini HGB tidak bisa jadi duit alias pemasukan bagi daerah. Sedangkan KSP akan jadi pemasukan daerah di setiap tahunnya,” jabarnya.

“Rencananya penggunaan gedung Mitra ini untuk Mall Pelayanan Publik (MPP) yang spacenya (luas wilayahnya) sudah dirancang dan disepakati, misalnya dengan luas minimal 1000 meter persegi, Termasuk titik layanan MPP nya, apakah nanti di lantai dasar atau di lantai dua,” paparnya.

Kemudian, ia melanjutkan, lokasi MPP ini juga menyatu dengan mall yang sifatnya untuk bisnis dan pengembangan pariwisata juga.

Pasalnya, Ibnu menilai, lokasi gedung Plaza Mitra ini strategis, lantaran berada di tepian sungai yang nanti masuk dalam daftar untuk ditata dengan baik sebagai kawasan riverside untuk pengembangan sektor bisnis seperti kuliner, lokasi event dan lain sebagainya.

“Jadi di bangunan itu akan ada dua fungsi, mal untuk umum dan mal untuk pelayanan publik,” jelasnya.

“Karena, hasil rapat yang digelar sepekan terakhir, kami sudah menyepakati soal alokasi termasuk besaran kontribusi yang mereka keluarkan dalam proses kerjasama untuk menjadi pendapatan daerah per tahunnya,” sambungnya.

Lantas, bagaimana nasib bekas area wahana bermain anak yang lokasinya tepat berada di samping gedung utama Plaza Mitra?

Terkait hal itu, Ibnu meminta, wahana bermain yang dulu sempat menjadi primadona sebagai lokasi rekreasi keluarga di tahun 90-an itu diserahkan kepada Pemko Banjarmasin.

“Disana untuk dilanjutkan pembangunan siring yang di sampingnya dengan memakai konstruksi bangunan yang ada dengan diberi sedikit penyesuaian. Karena kondisi konstruksinya masih bagus,” imbuhnya.

Kendati demikian, Ibnu mengaku tidak menutup kemungkinan bagunan eks arena bermain anak itu akan didesain ulang.

“Yang pasti tidak lagi difungsikan sebagai arena bermain. Karena nanti disana jadi area publik yang diserahkan kepada pemko,” pungkasnya. (dya/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Diduga Gara-gara Pancis, Sebuah Pom Mini di Sungai Taib Kotabaru, Terbakar

Pom Mini Terbakar, Warga Sungai Taib Geger METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Warga tiba-tiba panik saat mrlihat…


Dishub dan Satlantas Polres Kotabaru, Sosialisasikan Aturan Tonase Yang Melintas

Dishub Kotabaru Bersama Satlantas Melakukan Sosialisasi Dan Pengambilan Sampel Kepada Pengemudi Angkutan Umum METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU…


Memeriahkan HUT TNI Ke -77 Pangkalan TNI AL Kotabaru Gelar Water Trappen

  METROKALSEL.CO.ID,KOTABARU – Dalam rangka memeriahkan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-77 Tahun 2022 yang…


Isu Rekrut Qori Dari Luar Daerah, Ini Tanggapan Kepala Kemenag Kotabaru

Kepala Kantor Kemenag Kotabaru, H Ahmad Kamal METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Penyelenggaraan MTQ Nasional ke 52…


Tak Kuat Menanjak, Truk Terbalik Timpa Ayah dan Anak Hingga Tewas di Kotabaru

Kecelakaan di Tanjakan Jalan Pulau Laut Sigam Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Diduga tak kuat menanjak,…