Kamis, 29 September 2022
png_20220108_192606_0000

Bikin Resah Warga dan Binatang Peliharaan Kerap Hilang, Damkar Banjarmasin Evakuasi Biawak Besar

Kamis, 17 Maret 2022 17:56
IMG-20220317-WA0046
BANNER-ARCHIVE

Damkar Evakuasi Biawak Besar

Metrokalsel.co.id, Banjarmasin – Membuat resah warga dan sejumlah binatang peliharaan kerap hilang, seekor biawak nerukuran besar akhirmya dievakuasi.

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Banjarmasin, berhasil mengevakuasi satu ekor biawak berukuran sangat besar di Jalan 9 Oktober Gang Moroseneng RT 14, Kelurahan Pekauman, Banjarmasin Selatan, Kamis (17/3/2022).

“Alhamdulillah dalam waktu 2 jam lebih, setelah dengan susah payah karena lokasinya sempit dan gelap. Akhirnya kami berhasil mengevakuasi biawak tersebut dengan selamat,” ucap Komandan Regu II Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Banjarmasin, Ilham Pengabdi.

Ilham mengatakan, tindakan evakuasi biawak ini setelah mendapatkan laporan dari warga yang sudah merasa resah. Sehingga mereka melaporkan binatang biawak tersebut ke Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, melalui Dinas Damkar Banjarmasin.

Adapun kendala saat melakukan evakuasi dijelaskan Ilham karena biawak berada di bawah kolong rumah serta lokasinya sangat sempit. Sehingga dalam evakuasi tim harus terpaksa sedikit membongkar salah satu lantai rumah warga.

“Ukuran biawak panjangnya sekitar dua meter lebih, dan beratnya kira-kira mencapai satu kuintal atau 100 kilogram,” terangnya.

“Ini biawak terbesar dalam sejarah kami mengevakuasi biawak selama ini,” sambungnya.

Oleh sebab itu Ilham mengungkapkan perlu tenaga ekstra dalam mengevakuasi biawak tersebut.

“Biasanya kami hanya membutuhkan 2 sampai 3 anggota untuk mengevakuasi satu biawak. Kali ini kami menurunkan tim anggota sebanyak 6 orang dan dibantu relawan BPK setempat,” ujarnya.

Warga juga melaporkan seringnya terjadi kehilangan binatang ternak seperti ayam kampung. Sehingga menimbulkan perkiraan ayam-ayam tersebut hilang karena dimakan oleh biawak tersebut.

“Mungkin itulah yang membuat warga sangat resah, dan akhirnya melaporkan ke Pemko Banjarmasin,” imbuhnya.

Untuk selanjutnya, Ilham menerangkan biawak tersebut akan dibawa ke Kebun Binatang Mini atau Taman Satwa Jahri Saleh Banjarmasin.

Tutupnya Ilham memperkirakan untuk jenis kelamin biawak adalah betina. “Diperkirakan juga biawak sedang dalam kondisi hamil kira-kira sedang bertelur. Melihat dari besarnya perut dan susahnya mengevkuasi biawak tersebut karena mendapat perlawanan terus,” pungkasnya. (dya/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

Jhonlin Group Umrohkan 870 Warga Tanah Bumbu

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Jhonlin Group memberangkatkan 870 warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, untuk laksanakan ibadah…


Warga Binaan Lapas Kotabaru Yang Buta Huruf, Diajari Membaca dan Berhitung

Sebanyak 30 Orang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Ikut Belajar Mandiri Mengenal Haruf dan…


Pelajar SMKN 1 Simpang Empat Belajar ke UMKM Centre PT BIB Yang Sudah Jalin Kersama Dengan IBAN

Siswa-Siswi SMKN 1 Simpang Empat Saat Belajar ke UMKM Centre BIB di Kecamatan Angsana METROKALSEL.CO.ID,…


Tim Tikim Imigrasi Batulicin Turun ke Desa-Desa Sampaikan Informasi MPaspor

(Istimewa) Sosialisasi MPaspor ke Desa-desa di Kabupaten Kotabaru METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU – Kantor Imigrasi Kelas II…


Bupati Bersama Kapolres dan Dandim Tanbu, Tinjau Langsung Jalan Nasional Yang Longsor

METROKALSEL.CO.ID, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar bersama Kapolres AKBP Tri Hambodo…