Kamis, 20 Januari 2022
png_20220108_192606_0000

BPN Kalsel Bagikan 30.865 Sertifikat Tanah Secara Gratis, Ini Harapan Gubernur H Sahbirin Noor

Jumat, 10 Desember 2021 08:03
IMG-20211209-WA0110
BANNER-ARCHIVE

Pemerintah Pusat Saat Bagikan 38.685 Sertifikat Tanah Gratis

Metrokalsel.co.id, Banjarbaru – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) Perwakilan Kalimantan Selatan membagikan sebanyak 30.865 sertifikat tanah.

Pembagian puluhan ribu sertifikat ini dilaksanakan pada Kamis (9/12/2021) siang bertempat di Gedung Bina Satria, Banjarbaru.

Hal ini diutarakan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Adi Santoso, Kamis (9/12/2021).

“Program sertifikat tanah secara gratis, yang diluncurkan pemerintah sejak beberapa tahun yang lalu, sangat membantu dan memberikan manfaat bagi masyarakat di kalimantan selatan,”ucapnya

Tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat, dengan adanya pemberian sertifikat ini, warga juga merasa aman dengan kepemilikan tanahnya.

“Dengan sertifikat tanah ini, rakyat memiliki kepastian hukum atas hak tanah yang mereka miliki,” tutur Adi Santoso.

Adanya pemberian sertifikat tanah ini tentunya salah satu langkah pencegahan maraknya mafia tanah yang ada. Sebab itu, Pemprov Kalsel turut mendorong masyarakat agar dapat mengurus sertifikat tanah yang mereka miliki.

“Kami telah menginstruksikan kepada kepala desa, agar memberikan sosialisasi dan edukasi tentang arti pentingnya sertifikat tanah,” ucapnya.

Diakhir pernyataan, Adi selaku perwakilan dari Pemprov Kalsel mengucapkan terimakasih atas pembagian sertifikat gratis ini.

“Kami atas nama Masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, mengucapkan terimakasih atas penyerahan sertifikat tanah yang kembali diterima warga,” katanya.

Sementarabitu, Alen Putra selaku Kepala BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kalimantan Selatan mengatakan masyarakat harus mampu memanfaatkan sertifikat yang dibagikan sebaik mungkin.

“Harapan kami , masyarakat dapat memanfaatkan sertifikat ini untuk kebutuhan produktif, bukan kebutuhan konsumtif. Mereka boleh beli mobil, motor tetapi untuk menunjang usaha,” katanya saat ditemui sesuai kegiatan pembagian sertifikat tanah gratis.

Tidak hanya berpesan untuk menjaga aset masing – masing, Alen Putra juga berpesan agar masyarakat bisa menjaga sertifikat yang dibagikan sebaik mungkin.

“Sertifikat yang sudah dibagikan tolong dijaga, mafia tanah sudah mulai bergerak,” tutupnya.

Sebagai informasi di tahun sebelumnya yakni 2020 Masyarakat Kalsel menerima sebanyak 280.000 sertifikat tanah sedangkan di tahun ini mengalami penurunan dratis yakni menjadi 30.865 sertifikat. (Put/mka)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkini

PN dan Pemkab Tanbu, Jalin MoU Pembinaan Mental dan Rohani ASN

Metrokalsel.co.id, Batulicin – Pengadilan Negeri (PN) Batulicin menggandeng Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka pembinaan…


Bupati Berikan Pandangan Terhadap 2 Raperda Inisiatif Dewan di Sidang Paripurna

Wakil Ketua DPRD Tanbu Said Ismail Kholil saat pimpin Paripurna bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah…


Pelajar SMKN 1 Kusan Hilir, Nikamti Pelayanan Perekaman KTP Elektronik

Pelajar SMKN 1 Kusan Hilir Saat Lakukan Perekaman KTP-Elektronik Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Sebanyak 58 Pelajar…


Diskominfo Tanbu Kini Berlakukan Buku Tamu Digital, Deteksi Pengunjung

DiskominfoSP Tanbu Gunakan Aplikasi Buku Tamu Digital Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Awal Tahun 2022, tepatnya tanggal…


Peringati Hari Bhakti Imigrasi ke 72, Kantor Imigrasi Batulicin Gelar Donor Darah

Metrokalsel.co.id, BATULICIN – Jajaran Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin melakukan kegiatan Donor Darah dalam…